Sembilan ASN Pemkot Ambon Terlibat Korupsi Siap Dipecat

Sembilan ASN Pemkot Ambon Terlibat Korupsi Siap Dipecat

SHARE
Walikot Ambon Richard Louhenapessy pastikan sembilan orang ASN yang masi aktif di lingkup Pemkot Ambon akan dipecat karena kasus korupsi. FOTO: FUAD (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan memecat sembilan orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti terlibat korupsi. Hal tersebut menyusul Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Dalam Negeri, Mepan RB dan Kepala BKN RI yang diterima Walikota Ambon Richard Louhenapessy pekan lalu.

“SK bersama itu saya sudah menerima. Saat ini saya lagi pelajari dia. Tentu kita akan melaksanakan sesuai dengan aturan. Ada sekitar sembilan ASN,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada Terasmaluku.com di Balai Kota Rabu, (19/9/2018).

Menurut Richard, sampai saat ini dia belum mengantongi nama sembilan orang ASN yang bakal dicopot itu. Memang, dalam Surat Edaran Nomor 180/6867/SJ tentang Pemecatan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Terbukti Melakukan Tindak Pidana Korupsi, nama Maluku masuk di dalamnya termasuk di Pemkot Ambon.

Namun nama mereka belum dikeluarkan. Pasalnya, data itu masih dipegang oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Ambon. Jadi pihaknya belum bisa membeberkan identitasnya. Saat ini, lanjut Walikota Richard, mereka masih berstatus pegawai aktif di lingkup Pemkot Ambon. ‚ÄúSampai saat ini saya belum tahu nama-nama dan instansi mana saja mereka. Kapan korupsinya juga tidak pasti,”ujar Walikota.

Meski demikian, Walikota meyakini kalau ASN yang terlibat korupsi lebih dari sembilan orang. Kita tunggu saja hasil selanjutnya. Selain di Pemkot Ambon, ada juga di kota dan kabupaten lainnya se Maluku yang ASN terbukti terlibat korupsi. (UAD)

loading...