Sempat Ditolak, Duta Covid Kota Ambon Tetap Gas Poll Sosialisasi Perubahan Perilaku

by
Duta Perubahan Perilaku Negeri Batu Merah door to door memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Foto: Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Meski sempat ditolak warga saat melakukan sosialisasi covid-19, 375 kader KB yang menjadi duta Perubahan Perliaku di Kota Ambon, justru tak gentar dan tetap melakukan sosialisasi kepada warga untuk terapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Ambon, Wlhelmina Patty membenarkan adanya penolakan dari masyarakat. Namun katanya, tetap saja timnya melakukan tugas sosialisasi dari rumah ke rumah, door to door kepada masyarakat tanpa mengeluh.

“Iya betul ada (penolakan), tapi kan tugas mereka harus memberikan sosialisasi sampai masyarakat itu memahami,” kata Patty kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (6/11/2020).

Dia menegaskan, sosialisasi ini merupakan tugas dari pada Kader-kader terpilih tersebut. Penolakan dari masyarakat sudah merupakan konsekuensi yang memang harus dijalankan oleh duta perubahan perilaku.

Loading...

“Mereka harus melakukan itu terus-menerus sampai orang itu benar-benar dia yakin, bahwa memang covid-19 ini ada, dan warga harus disiplin menerapkan protkol kesehatan, pakai masker, jaga jarak fisik, selalu mencuci tangan yang bersih,” ujarnya.

Selain itu juga dirinya menambahkan, Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) menghargai usaha dari pada para kader tersebut. Sehingga Pemkot menyediakan insentif sebesar Rp 145 ribu kepada setiap kader yang mau melaksanakan sosialisasi perubahan perilaku tersebut.

Ketika disinggung terkait dengan klasifikasi jumlah kader per RT, dirinya mengungkapkan pembagian kader disesuaikan dengan besar lokasi atau desa yang ada di Kota Ambon. Sebab ada beberapa daerah di Kota Ambon yang memiliki kader lebih dari 10 orang.

“Jadi 375 total, 300 orang itu tingkat RW/RT, 75 itu tingkat Kota. Dari 300 kader, itu pembagian tergantung jumlah besarnya Desa, Kaya Passo, Batu merah itu kadernya bisa mencapai 20 orang, karena lokasi besar,” ungkapnya.

Patty menambahkan, sosialiasi yang dilakukan oleh para kader ini baru berjalan satu saja, dan belum tau batas waktu hingga kapan selesai sosialisasi selesai.(ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *