Semua Lansia di Ambon Harus Divaksin, Usai Lebaran Dinkes Lakukan Vaksinasi di Rumah Warga

by
Jurnalis di Kota Ambon saat divaksinasi Rabu 17/3/2021).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Ambon terus berupaya meningkatkan presentasi vaksinasi bagi lanjut usia (Lansia) di Ambon sebagai salah kelompok rentan terkenah covid-19. Saat ini, cakupan divaksinasi kepada Lansia Kota Ambon mencapai 8.490 orang dengan presentasi 37,6 persen.

“Kita berharap seluruh Lansia di Kota Ambon divaksinasi, karena lansia masuk kelompok yang rentan terpapar Covid 19 dan menjadi prioritas untuk divaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon dr. Wendy Pelupessy kepada wartawan di Ambon, Rabu (5/5/2021).

Dia mengaku, berbagai cara dilakukan Dinkes Kota Ambon agar capaian vaksinasi lansia meningkat. Salah satunya dengan membuka pelayanan vaksinasi di malam hari pada bulan puasa, namun animo dan kepedulian masyarakat masih rendah.

“Padahal untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity paling tidak harus 70 persen yang sudah divaksin, dan didalamnya sudah ditargetkan semua Lansia harus sudah divaksinasi,” kata Wendy.

Wendy mengatakan usai hari Raya Lebaran, pihaknya akan melakukan jemput bola. Yakni melakukan pelayanan vaksinasi di rumah Lansia, dan fokus pada beberapa pos pelayanan yang tingkat capaian vaksinasi lansia masih rendah.

Disamping itu, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI akan dilakukan sistem reward, dimana jika ada yang membawa dua orang lansia untk divaksin, maka orang tersebut juga akan langsung divaksin, meskipun tidak termasuk kelompok prioritas.

“Untuk itu, kita meminta dorongan keluarga untuk membawa Lansia yang belum divaksin agar segera divaksinasi di Puskesmas terdekat,” tandasnya.(Alfian Sanusi)