Sepekan Zona Merah, Kini Kota Ambon Bergeser ke Zona Oranye

by
Sumber: ambon.go.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tepat seminggu setelah masuk zona merah, kini Kota Ambon berhasil pindah ke zona oranye. Atau wilayah dengan risiko sedang tingkat penyebaran virus corona.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Selasa (23/2/2021) di Balai Kota menyampaikan kabar baik tersebut. ““Per tanggal 21 Februari 2021, kota Ambon berpindah dari zona merah ke zona oranye,” katanya.

Perubahan zona ini berkaitan dengan skoring sejumlah indikator yang diperoleh kota Ambon. Kota Ambon mengalami peningkatan 0,29 point dari minggu skor sebelumnya 1,76 menjadi 2,05 dan kembali masuk Zona Oranye (risiko sedang).

Masuknya Ambon ke zona merah pekan lalu pada 16 Februari 2021 lantaran tingkat kematian pasien dengan covid-19 tinggi.

Namun saat ini telah kembali ke naik ke Zona Oranye. “Minggu lalu, skoring kita mengalami penurunan drastis karena tingkat kematian cukup tinggi, namun kita bersyukur minggu ini kembali naik, sehingga kita sudah berada di zona oranye,” Jelas Adriaansz.

Untuk menekan angka kematian, pemkot kata Joy menyarankan warga untuk tidak takut berobat ke fasilitas kesehatan jika ada sakit. Memang masyarakat mulai takut dan enggan berobat. Namun itu malah akan memperparah kondisi.

Selain itu, untuk mengurangi risiko kematian, “Kita sarankan kepada masyarakat untuk sesegera mungkin periksa kesehatan di puskesmas atau faskes terdekat jika perlu penanganan darurat,” tegas dia.

Untuk diketahui, hingga saat ini total kasus positif Kota Ambon mencapai 4557 jiwa. Yang ada dalam perawatan sebanyak 273, sembuh 4224 dan meninggal 60 orang. Masyarakat pun harus tetap patuh pada protokol. Sanksi tetap berjalan bagi mereka yang abai.

“Sanksi sosial dan rapid test di tempat jika ada kedapatan tidak memakai masker akan tetap dilakukan. Pemerintah tidak akan pernah lengah, untuk berupaya memutus mata rantai penyebaran covid 19. Itu sasaran prioritas,” tandasnya. (PRISKA BIRAHY)