Seratusan Ribu Orang Masuk Lewat Bandara Ambon Selama Natal dan Tahun Baru

by
Amiruddin Florensius saat menutup Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru, Senin (9/1).

AMBON- Jumlah penumpang pesawat yang tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon  selama pelaksaanaan arus  mudik Hari Raya  Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 meningkat tajam bila dibandingkan  tahun sebelumnya. Selain itu, pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan cukup tinggi yakni 1,55 persen atau 1.094 penerbangan.

“Selama pelaksanaan Posko Angkutan Udara  Hari Raya Natal  2016 dan Tahun Baru 2017 di Bandara Pattimura Ambon  tercatat mengalami peningkatan pada semua pergerakan di banding tahun sebelumnya. Pergerakan penumpang meningkat sebesar 1,55 persen atau  menjadi 101.892 penumpang,” kata General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Ambon Amiruddin Florensius saat menutup Posko Terpadu  Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di Bandara Pattimura Ambon, Senin (9/1). Penumpang yang tiba lewat Bandara Pattimura  Ambon itu berasal dari berbagai bandara di Indonesia termasuk juga  wisatawan asing dari sejumlah negara yang berlibur di Maluku.

Puncak kepadatan penumpang terjadi pada H-2  jelang Natal atau 23 Desember 2016, dengan jumlah penumpang tiba sebanyak 2.853 orang. Sementara arus balik terjadi pada  H+Tahun Baru 2017 yakni pada Minggu 8 Januari dengan jumlah penumpang 2.711 orang. “Penumpang yang berangkat menuju bandara –bandara lainnya di Indonesia, ada juga penumpang warga asing yang kembali ke negara asalnya setelah libur di Maluku,” kata Amiruddin.

Peningkatan jumlah penumpang yang masuk di Bandara Pattimura Ambon  ini menurut dia menunjukan Maluku sudah makin kondusif dan disukai banyak orang sebagai daerah kunjungannya saat musim libur. Diharapkan jumlah penumpang terus meningkat terutama saat hari raya keagamaan dan hari libur lainnya.

loading...

Selain  peningkatan jumlah penumpang, pergerakan pesawat juga meningkat hingga 1.094 kali dari tujuh maskapai penerbangan dengan rute Bandara Pattimura Ambon. Pergerakan bagasi juga terjadi  peningkatan sebesar 55,98 persen atau 9,9 ribu ton, sementara kargo meningkat sebesar 16,24 persen atau 4,04 ribu ton dari tahun sebelumnya. “Secara umum dilaporkan pelayananan jasa Kebandar Udaraan selama Hari Raya Natal  2016 dan Tahun Baru 2017 berjalan aman dan lancar, selamat dan terkendali,” katanya.

Posko Terpadu  Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru ini melibatkan aparat Lanud Pattimura, Polsek  Bandara, Angkasa Pura I dan instansi terkait lainnya di Bandara Pattimura Ambon.  Amiruddin menyatakan pelayanan jasa Kebandar Udaraan  berjalan aman dan lancar atas kerjasama serta dukungan  anggota Pokso Terpadu  Natal dan Tahun Baru.(ADI)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *