Sering BAK Tidak Tuntas, Waspada Kanker Prostat

by
dok: ahcc

 TERASMALUKU.COM,Surabaya –  Sering buang air kecil (BAK) tidak tuntas. Waspada, bisa jadi anda terkena kanker prostat. Kanker prostat gejala awalnya sering tak terasa. Namun kebiasaan buruk yang terus dilakukan bisa memperparah kondisi dengan adanya pembengkakan di daerag prostat.

“Apalagi jika saat Buang Air Kecil terganggu atau tidak tuntas. Ini bisa saja sebagai tanda awal kanker prostat,” kata dokter spesialis Urologi Rumah Sakit Adi Husada, dr Edwin Ongkorahardjo, Sp.U.

Ditambahkan Edwin, pada stadium awal gejalanya tidak ada yang khas. Gejala awal hampir sama dengan pembengkakan prostat jinak, misalnya ditandai dengan BAK yang terganggu dan tidak tuntas.

BACA JUGA: https://terasmaluku.com/pria-kanker-paru-paru-dan-deteksi-dini/

Lanjut Edwin, 90 persen penyebaran kanker prostat stadium akhir ke tulang. Bahkan, kalau sudah parah, akan terjadi patah tulang mendadak. Untuk mendeteksi adanya kanker prostat, diperlukan deteksi dini. Seperti colok dubur, tes laboratorium darah PSA, dan USG.

“Cara deteksi colok dubur ini yang paling simple, tapi banyak pasien yang tidak mau dan marah, dengan alasan ketidaknyamanan. Tapi, deteksi inilah yang paling cepat,” katanya.

Kata Edwin, faktor status menikah atau belum tidak berpengaruh pada diagnosa kanker ini. Tapi, lebih pada faktor genetik atau family history, makanan dan gaya hidup.

“Dulu paling muda sekitar 50 tahun ke atas. Tapi, karena adanya perubahan gaya hidup, sekarang usia termuda ada yang 45 tahun. Maka dari itu menjaga pola hidup sehat sejak dini seperti berhenti merokok, berhenti minum alkohol, dan berolahraga,” katanya.

loading...

Kanker prostat sendiri menempati urutan ketiga yang membahayakan pria, setelah kanker paru paru dan kanker kolon. Kanker ini dipengaruhi hormon.

“Untuk pengobatan ada empat, antara lain dipantau, operasi, radiotheraphy dan hormonal terapi. Bila sudah ada indikasi menyebar ke tulang, bisa dilakukan dengan bonescan,” katanya.

Dedeksi dini dan konsultasi mengenai kanker prostat ini dapat dilakukan di Pelayanan Kanker Terpadi Adi Husada Cancer Center (AHCC) RS Adi Husada.

Sementara, menurut dr Dyah Erawati Sp.Rad(K).Onk, spesialis Onkologi AHCC mengatakan kanker prostat juga bisa ditangani di AHCC dengan peralatan yang standar dengan teknologi rumah sakit di luar negeri. Peralatan di AHCC juga mampu mendeteksi kanker sejak dini.

“Untuk penanganan kanker prostat ini dengan menggunakan radiotherapy. Maka segera periksakan,” kata Diah. (ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *