Sering Makan Korban, Jukir Bikin Penutup Lubang Drainase

by
Juru parkir di Jalan A.Y. Patty gunakan papan bekas sebagai penutup lubang drainase yang dibiarkan menganga usai proyek trotoar dinas PUPR Provinsi Maluku, (22/6). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Lubang drainase di sejumlah jalan Kota Ambon masih dibiarkan terbuka. Usai kejadian pejalan kaki terperosok di lubang drainase, seorang juru parkir (jukir) berinisiatif menutup lubang menggunakan papan bekas proyek.

Lukman Nurhakim, seorang jukir di Jalan A.Y. Patty, menginisiasi untuk menutup lubang drainase. Kejadian yang dialami Yapi Soplanit bukan yang kali pertama.

Tegel trotoar yang patah usai ada pejalan kaki yang terperosok dalam lubang drainase

Lukman yang sehari-hari mangkal di kawasan jalan bersaksi sudah sering menjumpai orang jatuh di trotoar baru.

“Sudah sering. Bukan baru satu kali ini. Cuma kemarin itu paleng parah sampai daging dapa lia,” ucap Lukman siang tadi, (22/6/2021).

Usai pengerjaan drainase dan jalur pedestrian, lubang-lubang itu dibiarkan menganga. Sudah lebih dari dua bulan usai proyek, lubang itu masih terbuka.

Tak jarang pejalan kaki yang melintas nyaris terperosok. Bahkan sampai terjatuh dan alami luka serius. Sejak kejadian yang menimpa Yapi pada Senin 21 Juni 2021, Lukman memutuskan untuk menutup sendiri lubang.

“Ini beta sendiri yang tutup. Semua dari beta. Selalu liat orang terpeleset. Proyek ini jua dong kasi biar seng tutup lubangnya. Parah,” katanya.

Untuk menutup lubang drainase, Lukman menggunakan papan bekas proyek. Ada empat lubang di depan pertokoan kawasan itu. Dia hanya menutup lubang di kawasan tempatnya berkerja sebagai juru parkir.

Usai kejadian itu Lukman langsung menutup TKP. Dia juga tengah menyiapkan lembar papan lain untuk menutup lubang sisa yang masih terbuka. “Abis ini beta mau tutup lubang yang lain. Kasian kalau orang jatuh, dong (pekerja proyek) belum kerja akang kasi abis,” terangnya. (PRISKA BIRAHY)