Shedini Ambon Island, Rangsang Keterampilan Anak Lewat Kelas di Alam

by
Kegiatan menggambar di alam jadi cara untuk kembangkan self-esteem anak yang digagas Shedini Ambon island di Panatai Welaring, Desa Hukurila Ambon, (30/3/2021). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Puluhan anak di Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan belajar menggambar alam sekitar di Pantai Welaring. Kegiatan ini menjadi salah satu aktivitas di luar belajar formal yang menjadi program dari Shedini Ambon Island.

Ada sekitar 50 anak dari kelas 1 – 5 di SD Negeri Hukurila yang begitu bersemangat membuat gambar dan mewarnai. Tak heran memang, sebab mereka belajar di alam terbuka, di tepi pantai.

Direktur Shedini Ambon Island, Dwi Prihandini menyatakan kegiatan ini untuk mengembangkan pengayaan terhadap sumber daya anak-anak.

“Saya bikin kelas alam Shedini ini untuk anak-anak agar mereka dapat pengayaan terkait sumber daya mereka agar bisa punya self-esteem dan kepercayaan diri yang lebih baik,” ungkap Dini usai kegiatan kelas alam di Pantai Welaring Selasa sore, (30/3/2021).

Anak-anak dibiarkan ada di alam supaya punya keleluasaan. Dini sengaja memilih menggambar di luar dari kegiatan akademik mereka. Hal itu dimaksud untuk merangsang kerja otak anak agar lebih fun dan berkembang.

Seperti yang dilakukan kemarin. Anak-anak dibebaskan menggambar apa saja yang ada di sekitar mereka. Embong Salampessy, seniman sketsa Maluku memandu mereka mengenal alam lewat menggambar.

Anak-anak diarahkan menangkap benda apa saja di sekitar untuk dijadikan objek. Seperti, batu, gugusan karang, pantai, perahu, pohon kelapa, kursi. Objek-objek yang dekat dan lebih nyata dengan mereka. Setelah itu barulah dibubuhi warna.

“Menggambar ini kan masuk dalam literasi dan memang program ini sangat dibutuhkan oleh kami khususnya sekolah-sekolah yang jauh dari pusat kota Ambon,” imbuh Kepala Sekolah SD Negeri Hukurila, Enggelina F. Angkotamony.

Ini merupakan kegiatan dari Shedini Ambon Island yang pertama. Nantinya kegiatan belajar di alam akan jadi angenda rutin setiap bulan. Pemateri yang datang pun bakal beragam.

Dia berharap kontribusinya kepada anak-anak di Maluku menjadi bekal untuk masa depan mereka yang lebih baik. (PRISKA BIRAHY)