Sidang Pra-peradilan Risman Soulisa Dimulai Senin 9 Agustus

by

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Senin 9 Agustus 2021 akan digelar sidang praperadilan Risman Soulisa, tersangka kasus pelanggaran UU ITE, di Pengalidan Negeri Ambon.

Ketua tim PH Risman Soulisa, Gofur Rettob menjelaskan permohonan sidang pra-peradilan kasus Risman untuk menguji proses hukum yang telah berjalan.

“Risman ditetapkan sebagai tersangka atas kasus Ujaran kebencian melalui media elektronik, namun kami menilai prosedur penangkapan Risman telah cacat prosedural,” kata Gofur.

Sidang pra-peradilan akan dimulai pada pukul 09.00 WIT di pengadilan negeri Ambon. Menurutnya penangkapan Risman tidak sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

Sesuai pasal 72 KUHP, kata Gofut, tersangka memiliki hak untuk mendapatkan salinan BAP. Sayangnya hingga kini mereka belum menerima salinan tersebut.

Kami sudah mengajukan permohonan kepada penyidik untuk memberikan salinan BAP agar mempermudah tim penasehat untuk melakukan pembelaan, namun kami blm mendapatkannya hingga saat ini,” kata dia.

Mereka juga menyiapkan proses penangkapan Risman yang seperti tersangka pelanggaran hukum berat. Seperti Risman tidak diberi tahu mengenai pelanggaran yang dia buat. Jenis pelanggaran apa dan pasal berapa.

“Saat ditangkap dia tidak sempat memakai sendal, bahkan surat perintah penahanan pun tidak ada,” imbuh Badan Koordinasi (Badko) HMI Maluku, Firdaus Arey.

Tim berharap sidang pra-peradilan nanti dapat memberikan perbaikan dalam prosedur kasus pelanggaran UU ITE Risman. (PRISKA BIRAHY)