Siloam Hospital Catat Kelahiran Pertamanya Usai Jadi RS Covid

by
Pihak Siloam Hospital memberikan keterangan pers terkait kelahiran pertama di rumah sakit ini, Senin (30/11/2020). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Rumah Sakit Siloam mencatat kelahiran pertama mereka sejak diresmikan beberapa bulan lalu.  Kelahiran pertama ini sekaligus langkah awal memulai pelayanan kesehatan usai memberikanan layanan khusus bagi pasien covid-19 Kota Ambon.

Bayi Rafael Tjiam merupakan anak pertama pasangan Reinhard Tjiam dan Nadya Ririmasse. Bayi seberat 3.4 kg dan panjan 49 cm terlahir normal.

Tim Marketing Communication Siloam Hospital, Viandro Alfaris menjelaskan proses kelahiran dipimpin oleh dr. Erwin Rahakbauw, SpOG, didampingi oleh dr. Elizabeth Joan, SpA dan dibantu oleh tim medis Siloam Hospitals Ambon.

“Proses lahirnya lancar dokter memastikan agar bayi dapat terlahir normal. Subuh kemarin (30/11/2020),” jelasnya kepada media saat ditemui di Rumah Sakit Siloam Senin (30/11/2020) siang.

Vian mengaku pihaknya amat bersyukur. Pasalnya sebagai pemain baru usai ada layanan covid kepercayaan masyarakat semakin tinggi dan bersedia dirawat. Terutama mempercayakan kelahiram anggota keluarga baru mereka yang pertama.

Dokter Erwin yang membantu proses kelahiran menyatakan kondisi ibu dan bayi aman dan mungkinkam melahirkan normal. Bahkan dirinya lebih menyarankan agar proses persalinan yang tenang dan pro-ibu.

Loading...

Hal itu diupayakan sejak awal pasien masuk rumah sakit hingga waktu persalinan Pukul 04.45 WIT. Reinhard Tjiam, sang ayah mengaku amat terbantu dengan kondisi tersebut. Pelayanan yang ramah ibu dan protokol kesehatan yang ketat memungkinkan proses lahiran aman dan nyaman.

“Memang persalinan ini agak beda sebab mulut rahimnya masih kaku. Ini kan lahiran pertama buat Ibu Nadiy,” terang Erwin.

Sebelum sampai ke meja persalinan pun Reinhard dan Nadiya pun telah menjalankan prokes. Yakni calon ibu wajib lakukan swab dan suaminya rapid. Ruangan bersalian dan perawatan juga diberi tekanan khusus untuk memastikan calon ibu, bayi dan tim media aman.

Reinhard kepada awak media pun menyatakan hal serupa. Pelayanan pada kelahiran pertama ini sebagai tanda kesiapsiagaan dan keamanan Siloam dalam membuka pelayanan usai dijadikan rumah sakit covid-19.

“Katong rasa sangat sangat terbantu dan nyaman. Setengah 3 pagi pas istri sakit perut dokter langsung hadir rasa nyaman karena yang katong tahu kan biasanya cuma bidan yang datang. Memang beta juga seng mau sesar. Dokter mau tunggu. Tidak ada keluarga lain yang datang semua protokol kesehatan dijalankan,” aku Reinhard.

Harapannya dengan pelayanan kelahiran pertama ini menjadi langkah baru Rumah Sakit Siloam memulai pelayanan kesehatan terbaik bagi warga Kota Ambon. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *