Sinergi TKMKB Ambon Dan BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

by
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Rumondang Pakpahan memberikan sambutan saat pertemuan bersama Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Cabang Ambon, Kamis (5/3/2020). FOTO : HUMAS BPJS KESEHATAN AMBON

AMBON-BPJS Kesehatan Cabang Ambon gelar pertemuan bersama Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Cabang Ambon, Kamis (5/3/2020). Kegiatan rutin ini digelar guna meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

TKMKB merupakan tim independen yang beranggotakan perwakilan dari organisasi profesi seperti IDI, PDGI, IBI, PPNI, IAI dan pakar klinis. Tugas pokok dan fungsinya ada empat, yang pertama adalah melaksanakan sosialisasi tentang kewenangan tenaga kesehatan dalam menjalankan praktek, yang kedua melaksanakan utilization review, melaksanakan audit medis, melaksanakan pembinaan etika dan disiplin profesi.

Agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah review pemanfaatan pelayanan kesehatan, pembahasan kasus, serta update informasi JKN terkini. Sejak adanya program JKN-KIS sampai dengan saat ini, pemanfaatan pelayanan kesehatan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah peserta JKN-KIS. Dari peningkatan jumlah pemanfaatan pelayanan kesehatan tersebut membuktikan bahwa program JKN-KIS ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Namun diakui Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Rumondang Pakpahan bahwa meski banyak manfaatnya, program ini masih ada kekurangannya. Oleh karena itu dalam sambutannya, Mondang mengharapkan dukungan dari stakeholder khususnya TKMKB untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.

“Bukan rahasia lagi bahwa program JKN-KIS ini banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, namun saya akui masih ada kekurangannya. Oleh karena itu dukungan dari padra stakeholder seperti TKMKB Kota Ambon sangat kami dibutuhkan. Program JKN-KIS ini bukan hanya milik BPJS Kesehatan, bukan hanya milik Fasilitas Kesehatan atau Kementerian Kesehatan. Program JKN ini milik kita bersama. Keberlangsungan atas program ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama,” ungkap Mondang

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TKMKB Kota Ambon dr. Rodrigo Limon mengungkapkan siap mendukung dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dalam Program JKN. Ia juga mengingatkan kembali kepada anggota TKMKB yang dipimpinnya agar selalu memperhatikan standar, memperhatikan mutu, dan mengawasi potensi fraud abuse dalam pelayanan kesehatan.

“Kita harus berbenah, kita satu tim, mari kita saling membantu bersinergi dan bermitra strategis untuk menjalankan kendali mutu dan kendali biaya di Kota Ambon menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya. (ADVERORIAL)