Sisa Puing Lapak Pedagang Hanyut di Laut, Disperindag Lagi Cari Solusi

by
Pasar Arumbai dalam pembangunan ulang dan sebagian puing-puing bangunan lama yang terlepas di tepi pantai, (18/11). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sisa material bangunan lapak Pasar Mardika masih ditemukan berceceran di pantai dan hanyut ke laut. Dinas Perindustrian dan Perdaganag (Disperindag) Kota Ambon, Pieter Leuwol, berjanji segera mencari solusi untuk itu.

Usai pembongkaran sejumlah lapak di Pasar Ikan Arumbai maupun lapak Mardika menyisahkan jejak sampah. Seng-seng bekas, kayu papan masih tampak di sepanjang bibir pantai.

Jumlahnya tidak banyak. Hanya ada yang sampai hanyut lepas di Teluk Kota Ambon. Belum lagi sampah-sampah plastik yang tersangkut. Kondisi ini malah seperti membuka bab masalah baru. Selain menata ulang pasar jadi lebih rapi dan layak. Dampak pembongkran yakni sampah puing bangunan.

Kadisperindag dalam sebuah kesempatan kepada awak media pun tak menampiknya. Sekdis Perindag Kota Ambon, Jones Apono yang berhasil dihubungi mengatakan saat ini mereka tengah mencari solusi untuk itu.

Loading...

“Benar sampai saat ini masih ada sisa pembongkaran yang jatuh di laut dan sangat menganggu estetika pasar. Kami pun resah dengan hal itu dan sedang cari solusi untuk bagaimana hadirkan alat pembersih,” kata Jones.

Dia mengaku disperindag masih memikirkan cara untuk menyelesaikan persoalan sampah material bangunan tersebut hingga tuntas. Di lain sisi dia menagkui pembongkaran pasar memang tidak maksimal. Daya jangkau alat berat tidak sampai ke tepi laut untuk mengangkut sisa bangunan yang jatuh.

“Ada yang tidak sempat diangkut, karena memang terlalu jauh jangkauan alat berat itu. Itu akibat dari kegiatan pembongkaran lapak itu. Tapi puing-puing lapak yang ada di perairan laut itu, lagi sedikit saja, ” jelas dia.

Dari pantauan wartwan di lapangan  memang tampak material sampah di laut. hanya saja jumlahnya tidak banyak dan menumpuk. DLHP telang mengangkut sebabgian puing-puing ke empat pembuangan akhir. (PRISKA BIRAHY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *