Sisir Lokasi Tambang Emas Gunung Botak, Aparat Gabungan Temukan Ini

by
Foto : Humas Polres Buru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aparat gabungan menyisir lokasi tambang emas Gunung Botak di Desa Persiapan Wansait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Rabu (28/7/2021).

Penyisiran ini dilakukan oleh puluhan aparat gabungan dari kepolisian dan TNI yang dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Pulau Buru Iptu J. R. Soplanit dan Kapolsek Waeapo Ipda Zainal.

Paur Humas Polres Buru, Aipda M.Y.S Jamaludin mengatakan, dari penyisiran ini ditemukan bekas alat aktifitas penambangan dengan metode rendaman, tenda tempat tinggal, lubang galian, tembak larut dan dompeng.

Hanya saja, tidak ada penambang yang ditemukan lokasi. “Para pelaku tambang tidak sedang melakukan aktifitas penambangan, dan para pemilik telah meningalkan lokasi tambang,”ungkapnya via seluler Rabu sore.

                                                                                                 Foto : Humas Polres Buru

Alhasil temuan barang-barang milik penambang liar di lokasi itu langsung dimusnahkan. “Telah dilakukan pemusnahan terhadap barang, tenda dan alat penambangan milik para penambang,”sambungnya.

Selain musnahkan peralatan dan tenda, aparat gabungan ini juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang tinggal dekat dengan tambang emas Gunung Botak agar tidak melakukan aktifitas penambangan atau memasuki areal tambang.

“Jadi memang perlu dilakukan patroli secara rutin di lokasi tambang emas Gunung Botak untuk mengantisipasi adanya penambang yang kembali melakukan aktifitas,”tandasnya. (Ruzady)