Sistem Terintegrasi PLN, Pengaduan Gangguan Lebih Cepat

by

 

TERASMALUKU.COM, AMBON – Masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon kini lebih mudah dalam lakukan pengaduan. Melalui pengembangan aplikasi PLN Mobile semua pengaduan dan keluhan langsung tertangani cepat oleh petugas di lapangan.

Dalam kesempatan khusus, pihak PLN UIW menunjukkan aktifitas di command center. Semua pengaduan melalui saluran telekomunikasi maupun aplikasi PLN Mobile terbaca di layar monitor.

Seperti pagi tadi, ragam pengaduan pelanggan terbaca dilayar. Mulai dari pengaduan lampu yang padam selama 4 hari, tidak bisa memasukan aliran listrik atau kode pada meteren. Atau pelanggan yang melakukan pembayaran tarif listrik melalui aplikasi.

Laporan melalui aplikasi itu disertai dengan nama, alamat hingga status pengerjaan.
Nantinya petugas yang berjaga di command center akan mengarahkan setiap aduan ke petugas lapangan.

“Command center ini adalah dapurnya ketika pelanggan mengadukan nanti akan masuk ke sini. Meneruskan dari teman-teman kita di lapangan,” ujar Manager Pengendalian Operasi Sistem Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Maryudin Saleh, pagi tadi (28/5/2021).

Dia menambahkan semua sistem terintegrasi sehingga pengerjaan di lapangan terkoordinasi dengan baik.

Itu terlihat pada layar utama yang menunjukkan peta lokasi setiap petugas di lapangan. Nantinya, kata Maryudin setiap pengaduan yang masuk langsung diteruskan kepada petugas terdekat di lapangan.

“Jadi sistemnya seperti ojek online. Nanti petugas di command center akan arahkan dan cari petugas lapangan terdekat siapa yang bisa menjangkau lokasi aduan,” Assistant Manager Contact Center PLN UIW MMU, Nur Mirna Loblobly.

Harapannya penanganan gangguan yang berasa dari laporan pelanggan dapat ditindaklanjuti dengan waktu penanganan yang lebih cepat. Sebagai contoh, di Pulau Ambon, jika ada pelaporan pelanggan dulunya masuk ke tiap posko di Unit Layanan Pelanggan.

Sekarang langsung dapat dimonitor seluruhnya dari Command Center dan petugas di Command Center akan mengirim regu terdekat yang tersedia.

Petugas di Command Center PLN ini sendiri standby 1×24 jam untuk menerima dan meneruskan laporan dari pelanggan kepada petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang berada di lapangan yang juga dibekali dengan aplikasi Yantek Mobile. (PRISKA BIRAHY)