Siswa asal Malra dan Buru ini Wakili Maluku Jadi Paskibraka di Istana

by

AMBON- Laurensius Rentanubun dan  Ayu Astria Umalekhoa terpilih mewakili Provinsi Maluku menjadi  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke 71 di Istana Negara 17 Agustus nanti.

Laurensius Rentanubun adalah siswa SMA Negeri 2 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), sedangkan Ayu Astria Umalekhoa, siswi SMA Negeri 2 Namlea Kabupaten Buru.  “Ayus Astria  dan Laurensius terpilih  mewakili Maluku sebagai anggota Paskibraka tingkat nasional. Keduanya siap bergabung dengan duta – duta Paskibraka dari daerah lainnya yang akan bertugas di istana negara Jakarta pada 17 Agustus nanti,” kata Kepala Dinas  Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Semmy Huwae saat dihubungi Terasmaluku.com, Rabu (27/7).

Loading…

Semmy menyatakan,Laurensius dan Ayu menyisihkan satu pasangan lainnya dari Maluku  yakni, Ciantri Josias Niwele dan Natalia Kainama, yang sama-sama dari SMA di Kabupaten Seram Bagian Barat. Laurensius dan  Ayu merupakan siswi dan siswa dari keluarga biasa-biasa, bukan anak seorang pejabat.

Di Maluku, seleksi Paskibraka dilakukan sejak April lalu mulai dari tingkat kabupaten, kemudian tingkat Provinsi Maluku. Provinsi Maluku kemudian mengirim dua pasangan, putra dan putri ke Jakarta untuk dilakukan seleksi tingkat nasional. Dan  setelah dilakukan seleksi, nama Paskibraka  diumumkan pada  Senin (25/7) di Jakarta.

“Seleksi dilakukan secara ketat, dan Paskibraka adalah duta-duta terbaik, maka  kami memberikan kesempatan seluas – luas untuk anak – anak kita mengikuti seleksi tanpa pandang apakah anak pejabat, petani atau anak nelayan. Hasil seleksi tingkat provinsi kemudian dikirim ke Jakarta, kemudian lalukan seleksi lagi. Dan yang terpilih adalah yang terbaik,” katanya.

Total ada 68 nama yang akan ditugaskan untuk menjadi petugas dalam kegiatan tahunan itu. Mereka berasal dari 34 provinsi, di seluruh Indonesia. Semmy juga menyatakan, ia termasuk Gubernur Maluku Said Assagaff  berharap agar duta Maluku tersebut, salah satunya  bisa menjadi penggerak bendera atau pembawa bendera merah putih saat upacara HUT RI di Istana Negara 17 Agustus nanti.

“Tentu harapan kami, harapan Pak Gubernur, bahkan Komisi D DPRD Maluku saat bertemu Sesmenpora sudah menyampaikan agar duta Maluku juga  menjadi penggerak atau pembawa bendera, dan saat itu Sesmenpora merespon keinginan itu,”katanya. Semmy  juga menyatakan, untuk  Josias dan  Natalia, yang tereliminasi langsung bergabung dalam   anggota Paskibaraka tingkat Provinsi Maluku. ADI