Siswa PAUD Sintiche Saparua Kunjungi Kantor Terasmaluku.com

by
Guru PAUD Sintiche Saparua Selfin Lunufna bersama wartawan Terasmaluku.com Priska Birahy menunjukkan keseruan aktifitas jurnalis di lapangan saat meliput kepada para siswa PAUD, Rabu (4/3/2020). FOTO : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Puluhan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sinitche Pulau Saparua Kabupaten Maluku Tengah berkunjung ke Kantor Terasmaluku.com, Rabu (4/3//2020) di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Desa Batu Merah Kota Ambon. Kunjungan itu merupakan bagian dari field trip pertama mereka ke beberapa kantor media yang ada di Kota Ambon.

Anak-anak ini sengaja diperkenalkan dengan profesi di dunia media. Sebuah pekerjaan yang hampir tidak pernah terpikirkan oleh guru maupun orang tua untuk diperkenalkan kepada anak sejak dini. Para siswa ini melihat langsung proses produksi berita juga bagaiman sebuah berita bisa muncul di layar gawai atau komputer mereka saat berada di rumah.

Selfin Lunufna guru pendampig field trip PAUD Sintiche Saparua mengatakan jika kunjungan ini dimaksud unutk mengenalkan anak sejak usia dini tentang cita-cita dan ragam pekerjaan yang ada. “ini agar anak-anak kalu besar tahu pekerjaan itu ada banyak termasuk kerja sebagai wartawan,” katanya di kantor Terasamaluku.com.

Kemajuan teknologi mendorong semua bergerak cepat termasuk dalam berita. Di era ini, media daring kian menjamur begitupun dengan kebebasan bergerak. Bekerja tidak melulu harus di kantor. Suasana kantor pun tidak mesti kaku dan formal. Anak-anak ini pun diajak untuk berpengalaman dalam hal ini.

Termasuk dengan keuntungan lain menjadi seorang jurnalis yaitu bisa bertemu dengan banyak orang penting. Seperti saat meliput Presiden RI Joko Widodo, Walikota Bethlehem, Menteri dan lain sebagainnya.

Pemimpin Redaksi Terasmaluku.com, Hamdi Jempot juga hadir memberikan gambaran singkat mengenai profesi dan pekerjaan jurnalis. “Kedepan wajah media berubah. Orang tidak lagi membaca berita di atas kertas, atau menonton televisi. Semua akan berpusat di gawai mulai dari membaca, menonton hingga berinteraksi. Inilah peluang dan gambaran media di massa mendatang,” jelasnya kepada para guru juga orang tua.

Dalam kunjungan singkat itu, dia berharap gambaran pekerjaan anak mulai terbangun. Setidaknya itu menjadi pegangan mereka untuk mewujudkan cita-cita. Selain berkunjung ke kantor media online, mereka juga telah melihat proses produksi berita di Stasiun TVRI juga aktifitas di Kantor LIPI Ambon. (PRISKA BIRAHY)