Soal Jabatan Sekda Maluku, Begini Respon Wagub Orno

by
Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno. FOTO : HUMASMALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno sampai-sampai tak mau berkomentar lebih jauh seputar persoalan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku. Ada Apa?

Sebagaimana diketahui, polemik jabatan Sekda Maluku ini mencuat ke publik di hari pelantikan Sadli Ie yang tak lain adalah Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku menjadi Plh Sekda pada 19 Juli 2021 lalu.

Kantor Gubernur Maluku. Foto : terasmaluku.com

Pelantikan dilangsungkan di aula lantai 7 kantor Gubernur Maluku, dan Wagub Orno jugalah melantik atas nama Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Alasanya pengangkatan Sadli sebagai Plh Sekda karena Gubernur menilai Kasrul Selang perlu memulihkan diri akibat terpapar Covid-19.

Padahal Kasrul diketahui telah sembuh sejak dua hari sebelum dinonaktifkan.

Ini menjadi awal mula mencuatnya isu-isu tak sedap, sehingga dua hari setelah Sadli dilantik sebagai Plh Sekda, 21 Juli 2021, Wagub Orno tampil memberikan klarifikasi atas nama Pemerintah Provinsi Maluku.

Namun saat itu Wagub Orno pun masih menyampaikan alasan yang sama yaitu Kasrul perlu memulihkan kondisi kesehatan dan dalam waktu kurang dari 15 hari, maka dapat ditunjuk Plh Sekda untuk melaksanakan tugas sehari-sehari Sekda. Itu yang kemudian menjadi dasar pertimbangan Gubernur Murad mengangkat Sadli sebagai Plh Sekda.

Menariknya lagi, Sadli sudah lebih dari 15 hari menjalankan tugas sebagai Plh Sekda, sedangkan Kasrul tak kunjung terlihat lagi.

Apakah masa tugas Plh Sekda diperpanjang? ataukah ada skenario lain?

Terbaru, Wagub Orno yang ditanyai wartawan seputar masa tugas Plh Sekda ini malah menolak berkomentar.

“Ah sudah jangan jangan jangan, beta (saya) seng (tidak) mau bicara itu,”ucapnya menjawab wartawan di gedung DPRD Provinsi Maluku, Ambon, Jumat (6/8/2021).

Kembali ditanyai lagi, Wagub lagi-lagi menolak berkomentar. “Nanti nanti, jangan dulu, beta belum bisa,”jawabnya.

Begitu juga ketika ditanyai informasinya Gubernur sedang ke Jakarta untuk persoalan jabatan Sekda ini, mantan Bupati MBD ini mengaku dia belum mengetahuinya. “Beta (saya) belum tahu, beta belum tahu,”tandasnya. (Ruzady)