Soal UN SMP di Buru Bocor, Sejumlah Kepsek Ditangkap Polisi

by

AMBON-Jelang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP pada Senin (9/5), soal UN di sejumlah sekolah di Kabupaten Buru sudah  bocor. Pihak sekolah  lebih awal membuka soal UN yang masih tersegel  itu. Diduga  soal-soal  UN itu  kemudian  dikerjakan para  guru di sejumlah sekolah tersebut agar dibagikan kepada siswa saat UN nanti.

Informasi yang diperoleh Terasmaluku.com dari sejumlah pihak di Kota  Namlea, Sabtu (7/5) dini hari, menyebutkan kebocoran soal UN itu terjadi di sejumlah SMP pada Kecamatan Liliali Kabupaten Buru sejak dua  hari terakhir ini.

Aparat Polres Pulau Buru sudah memasang garis polisi di SMP yang  terjadi kebocoran soal UN itu  dan menangkap  para  kepala sekolahnya. Kapolres  Pulau Buru AKBP Popi Yuganarko   belum bisa dihubungi terkait kasus ini.

Bupati Buru Ramly Umasugi  yang dihubungi  Terasmaluku.com, Sabtu dini hari membenarkan  terjadinya  kebocoran soal UN di sejumlah SMP jelang pelaksanaan UN. Ia meminta kasus ini diproses polisi hingga tuntas. “Iya benar (ada kebocoran soal) beberapa Kepsek tersebut sudah ditahan.  Masalah ini tetap ditangani polisi,” kata Bupati.

Namun Bupati berharap agar pelaksanaan UN di wilayahnya tidak terganggu dengan kebocoran soal UN itu dan tetap digelar sesuai jadwal  yakni Senin (9/5) nanti. “Cuma saya berharap jangan sampai ujian ditunda,” katanya. ADI