Sopir Angkot Jurusan Latuhalat, Paling Banyak Terjaring Razia

by
Satlantas Polres Ambon bakal mulai merazia angkutan umum secara rutin. Razia hari pertama sebanyak delapan sopir angkutan jurusan Latuhalat tidak membawa SIM dan STNK lengkap (13/1). FOTO: Ode Alfin

TERASMALUKU.COM,AMBON– Razia rutin Satlantas Polres Ambon berbeda dari biasanya. Kali ini petugas tidak hanya merazia kendaraan bermotor, tapi juga angkutan kota (angkot) umum kendaraan roda emapt. Hasilnya, sopir angkot jurusan Latuhalat yang paleng banyak pelanggaran.

Razia pada Senin (13/1/2019) yang berlangsung pukul 10.00 menjaring tak hanya kendaraan roda dua, tapi juga roda empat non-pribadi. Lokasinya yakni di jembatan dekat Prigilima. Kendaraan dari arah Nusaniwe yang ingin ke pusat kota mau tak mau harus melewati pemeriksaan surat izin mengemudi serta kelengkapan admisntrasi kendaraan.

“Razia ini ada 15 kendaraan bermotor dan 10 ankutan umum yang terjaring,” beber Kanit Lantas Polres Ambon IPTU A Tatuhey. Para pengendara itu terbukti tidak mengantongi surat-surat kelengkapan tanda kepemilikan kendaraan dengan lengkap. Mereka ada yang tidak punya SIM dan STNK bersamaan.

Sopir angkutan umum wajib punya SIM A Umum bukan SIM A (bukan biasa)

Saat razia, para penumpang salah satu angkot pun terpaksa turun dan mencari angkutan lain lantaran si sopir harus berurusan dengan pihak kepolisian. “Razia ini dari tindak lanjut laporan warga kalau banyak sopir angkot tidak punya SIM. Ada juga yang tidak ada STNK atau kedua-duanya,” lanjut Tatuhey.

Dari razia itu paling banyak adalah angkot hijau lin 18 jurusan Latuhalat. Dari 10 mobil yang ditahan, delapan diantaranya tidak kantong SIM. Bahkan ada seorang sopir yang hanya punya SIM A (bukan umum). Padahal sopir angkot wajib punya SIM A umum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Kedepannya, pihak lantas Polres Ambon bakal rutin merazia tak hanya kendaraan pribadi tapi juga sopir angkutan kota. (PRISKA BIRAHY)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *