Sopir Angkot Nakal, Kadis : Foto Plat Nomor Dan Kirim Ke Dishub

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon Robby Sapulette menegaskan akan mengambil tindakan tegas kepada sopir Angkot yang memberlakukan harga sepihak kepada penumpang mahasiswa dan pelajar.

Robby meminta penumpang bila menemukan sopir nakal dan menaikkan tarif Angkot di luar ketentuan tarif, agar foto dan mengirimkan plat nomor Angkot tersebut ke Dishub Kota Ambon.

“Kalau kedapatan ada sopir yang nakal, foto plat nomor dan kirim ke Dishub, nanti kita akan ambil langkah tegas,” kata Robby kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (15/9/2021).

Robby mengatakan, bila ada laporan plat nomor Angkot yang dikirimkan ke Dishub, maka pihaknya akan memanggil pemilik angkot dan menindak dengan tegas mereka.

Setelah dipanggil, Dishub menegur pemilik kendaraan, dan bila masih mengulangi perbuatannya, maka mobil tersebut akan ditahan.

“Pertama kita akan tegur, jika diulangi kembali, kita akan tahan Angkot atau pemilik memberhentikan pengemudi Angkot,” kata Robby.

Penegasan Robby ini menanggapi adanya sikap sopir Angkot yang menerapkan tarif sama antara mahasiswa, pelajar dan penumpang umum lainnya pasca kenaikkan tarif Angkot dari Pemkot Ambon.

Dia mengatakan, ketentuan tarif yang diberlakukan itu sudah melalui kajian, sehingga tarif tersebut sudah cukup sesuai trayek yang ada.

Sopir angkot jangan menaikkan tarif sendiri apalagi memberikan tarif untuk mahasiswa sama dengan penumpang umum.”Mahasiswa dan pelajar harus bayar sesuai tarif yang kita tentukan,” tegas dia

Diketahui tarif Angkot untuk mahasiswa dengan trayek IAIN Ambon hanya 2.700 rupiah sedangkan untuk umum itu 4.700.

Namun belakangan, sejumlah mahasiswa IAIN Ambon mengaku mereka harus membayar sama dengan penumpang umum, jika tidak sopir Angkot tidak mengangkut mereka.(ALFIAN)