Sri Mulyani, Menteri Keuangan Pertama Yang Berkunjung ke Ambon Sejak Indonesia Merdeka

by
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama PLT Gubernur Maluku, Walikota Ambon di Taman Budaya Ambon, Rabu (7/3). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Untuk pertama kalinya sejak Indonesia merdeka 72 Tahun silam, Menteri Keuangan RI mengunjungi Kota Ambon.Dia adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang berkunjung ke Kota Ambon, Rabu (7/3).

Menteri Keuangan terbaik dunia ini menyampaikan sambutan pembuka atau keynote speaker Konferensi Musik Indonesia (KAMI) Pertama di Taman Budaya Karang Panjang Ambon. Menteri tiba bersama PLT Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Ketua KAMI Glennd Fredly di lokasi acara.

Saat mengawali keynote speaker di KAMI, sang Menteri menyampaikan rasa syukurnya bisa berkunjung ke Ambon, Ibukota Provinsi Maluku. “Syukur, bahwa pada akhirnya saya bisa hadir di bumi Ambon ini, sebagai Menteri Keuangan ini adalah pertama kali, dalam sejarah Republik Indonesia belum pernah ada Menteri Keuangan yang mengunjungi Ambon,” kata Menteri Sri Mulyani yang disambut tepuk tangan para undangan dan peserta KAMI.

Menteri menyampaikan rasa bangganya bisa hadir di Kota Ambon untuk memenuhi undangan panitia KAMI, serta Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah  Kota Ambon.”Saya sangat menghargai undangan dari panitia konferensi musik Indonesia namun juga dari seluruh masyarakat Ambon dan pemerintah daerah untuk hadir di acara ini,”kata Menteri.

BACA JUGA : Beri Kuliah Umum di Unpatti, Menteri Keuangan Tantang Mahasiswa Jadi Orang Sukses

Dalam konteks musik, Menteri Sri Mulyani juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ambon, Maluku. Karena baginya, musik dan musisi dari Ambon telah memberikan semangat dan membangkitkan hidupnya.”Bagi masyarakat Ambon, musik menjadi bagian hidup mereka. Dan Ambon dan Maluku menjadi saya seperti saat ini, karena lagu – lagu dari Ambon atau yang dinyanyikan orang Ambon membangkitkan saya karena itu saya bersykur bisa hadir di sini, “ kata Menteri Sri Mulyani.

Selain menyampaikan pandangan tentang pelaku dan industri musik Indonesia, bukan Menteri Keuangan namanya jika tidak mengulas tentang keuangan Indonesia. Ia mengungkapkan, apa yang disampaikan tentang kondisi keuangan merupakan bagian dari konteks industri musik Indonesia. Karena menurutnya,tanpa ada ekonomi tumbuh kuat, tanpa ada daya beli masyarakat yang baik, edukasi dan martabat serta budaya masyarakat Indonesia yang kuat, sangat sulit memberikan apresiasi kepada hasil karya para musisi Indonesia

“Jadi mohon maaf untuk mengundang saya ke sini (KAMI), maka anda semuanya tidak terhindarkan untuk mendengarkan penjelasan saya mengenai keuangan negara dulu,” kata Menteri yang disambut tawa peserta konferensi. Usai menghadiri KAMI, Menteri Sri Mulyani memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Pattimura Ambon. Sebelumnya juga, Menteri Sri Mulyani menggelar pertemuan dengan insan keuangan di Gedung Keuangan Negara Ambon. (ADI)