Stok Uang Baru Aman, BI Maluku Siapkan Rp 1,7 Triliun Pecahan Kecil...

Stok Uang Baru Aman, BI Maluku Siapkan Rp 1,7 Triliun Pecahan Kecil Jelang Lebaran

SHARE
BI Maluku siapkan uang pecahan kecil untuk membantu warga menukar uang sebelum Hari Raya Lebaran. FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jelang Ramadhan permintan penukaran uang meningkat. Hampir di setiap bank menerima penukaran uang baru untuk dipakai saat  Hari Raya Idul Fitri nanti. Untuk menjaga jumlah uang serta kestabilan di sejumlah bank dan mesin ATM, pihak Bank Indonesia Perwakilan Maluku telah menyiapkan sejumlah uang untuk memenuhi permintaan penukaran jelang Lebaran.

“Kami siapkan 880 miliar  rupiah untuk permintaah perbankan pada 2018,” kata Bonaryadi, Kepala Unit Pengolahan Uang Rupiah Bank Indonesia Perwakilan Maluku saat ditemui Terasmaluku.com di Kantor BI Perwakilan Maluku, Senin (21/5/2018) sore.

Jumlah uang rupiah dari berbagai pecahan yang disiapkan itu alami peningkatan sejak tahun lalu. Sebelumnya total realisasi yang dicapai BI yakni sebesar sekitar Rp 700 milyar.  Sementara tahun ini, pihaknya mengalokasikan uang bagi permintaan perbankan sebesar Rp 880 milyar . Namun Bonar memastikan pihaknya bakal melakukan langkah antisipatif dengan menyiapkan uang dalam jumlah yang lebih besar. “Untuk antisipasi tingginya permintaan jelang Lebaran  kami siapkan sekitar Rp 1,7 triliun,” tambahnya.

Jumlah tersebut mencapai dua kali lipat dari besaran permintaan bank pada 2018. Menurutnya langkah antisipatif itu diambil dengan asumsi waktu libur yang panjang dan berdekatan, yakni antara libur sekolah dan Lebaran. Dalam rentan waktu itu, permintaan akan meningkat. Warga memilih lebih dulu menukar uang sebelum bank tutup saat libur.

Bonar menambahkan fokus penukaran uang rupiah yakni pada pecahan kecil. Yaitu pecahan Rp  20.000 hingga Rp 1.000 uang kertas dan logam. Untuk itu pihaknya telah menyiapkan sebanyak Rp 550 miliar. Namun pada pertengahan Mei atau minggu ketiga pihaknya melakukan penambahan jumlah uang pecahan kecil untuk penukaran agar kebutuhan warga Maluku terpenuhi. “Nanti akan datang tambahan dari Makassar sebanyak 30 miliar lebih,” sebutnya.

Sementara itu Program BI keliling juga telah berlangsung. Yakni program percepatan penukaran uang kepada warga yang dilakukan on the spot. Sebelumnya, BI Keliling berlangsung di Kota  Namrole, Kabupaten  Buru Selatan. Minggu ini, dijadwalkan BI Keliling ada di Gemba, Seram Bagian Barat. Uang rupiah pecahan kecil telah disiapkan sebanyak Rp 500 juta. Dengan begitu dia memastikan saat Lebaran  warga Maluku mengantongi uang baru. (BIR)

loading...