Suami Istri Diringkus Polsek Leihitu Saat Jemput 200 Kg Merkuri

by
Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang memberikan keterangan pers di Mapolresta Pulau Ambon, Rabu (23/9/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pasangan suami istri inisial LAL (40) dan WJ (42) diringkus aparat Polsek Leihitu saat menjemput bahan merkuri di Pantai Kawasan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah Pulau Ambon.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, pasangan suami istri ini diringkus saat menjemput 200 kg merkuri siap pakai yang dikirim dari Seram Bagian Barat (SBB) pada Minggu 20 September dini hari.

Awalnya kata Leo, Polsek Leihitu berhasil mengendus infomasi terkait aksi pasutri ini, dan akhirnya dicegat saat melintas di depan Mapolsek Leihitu menggunakan sebuah mobil Avanza berwarna hitam kuning dengan nomor polisi DE 1241 AO.

Di dalam mobil polisi menemukan merkuri yang dikemas dalam 23 (dua puluh tiga) botol air mineral, 1 (satu) botol oli dan 1(satu) botol pemutih pakaian.

Loading...

“Dari keterangan tersangka merkuri ini dikirim dari Seram Barat (SBB). Jadi mereka jemput di Leihitu dan akan dibawa ke rumah merak di Waiheru, Kota Ambon,”ungkapnya saat keterangan pers di Polresta Pulau Ambon, Rabu (23/9/2020).

Rencananya, kata Leo, barang terlarang itu akan dijual pasutri ini kepada pembeli di luar Maluku untuk digunakan di lokasi penambangan ilegal. Apalagi saat ini harga jual merkuri terbilang tinggi di pasaran.

Leo mengakui pasutri ini merupakan pemain lama yang beroperasi dalam perdagangan barang ilegal itu. Namun baru kali ini tertangkap. “Ini pemain lama, tapi baru kali ini mereka jemput barangnya dan berhasil diringkus”sambungnya.

Mulai berkembangnya pengedaran merkuri akhir-akhir ini lanjut Leo karena pelaku memanfaatkan kondisi pandemi covid-19. Dimana saat ini aparat kepolisian bahu-membahu membantu pemerintah dalam melawan covid-19 sehingga pengawasan sedikit lengah. Padahal beberapa bulan terakhir, pengedaran merkuri maupun sinabar berhasil ditekan. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *