Sukses Amankan Pilkada, DPRD Tual Ajak Warga Kawal Keberhasilan Polres Malra dan...

Sukses Amankan Pilkada, DPRD Tual Ajak Warga Kawal Keberhasilan Polres Malra dan TNI

SHARE
Wakil Ketua DPRD Kota Tual Zainal Kabalmay bersama Kapolres Malra AKBP Indra Fadhilla Siregar. FOTO. DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Perhelatan Pilkada serentak berakhir pada 12 Juli 2018 setelah KPU menggelar pleno penetapan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada langsung. Termasuk juga Pilkada untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Tual.

Sementara sejauh ini, situasi dan kondisi Kamtibmas di Kota Tual, wilayah hukum Polres Maluku Tenggara (Malra) tetap berada dalam status kondusif. Hal tersebut mendapat perhatian dan diapresiasi DPRD Kota Tual. DPRD) Kota Tual mengakui bahwa Pilkada Kota Tual Tahun 2018 merupakan Pilkada terkondusif.

Situasi Kamtibmas selama Pilkada di Kota Tual yang aman dan damai tak terlepas dari upaya dilakukan berbagai pihak, terkhususnya Polres Malra dan TNI yang serius dalam hal proses pengamanan. Wakil ketua DPRD kota Tual, Zainal Kabalmay kepada wartawan Selasa (10/7/2018) mengungkapkan, Pilkada Kota Tual sejauh ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Menurutnya, Pilkada di Kota Tual selalu menjadi perhatian DPRD untuk pelaksanasnya. Jika dilihat dari segi pengamanan, menurut Zainal, Polres Malra dan TNI sukses menjalankan tugasnya dalam memberikan pengamanan maksimal, sehingga Pilkada dari awal tahapan, hingga pasca pencoblosan bahkan rekapitulasi berjalan dengan kondusif.

“Sebagai pimpinan anggota DPRD tentunya memberikan apresiasi, ucapan terimakasih serta penghargaan kepada pihak kepolisian resort Malra, dalam hal ini Pa Kapolres AKBP Indra Fadhilla Siregar dan Dandim 1503, Letkol Arh Yoyo Karyo beserta jajaran, atas upaya- upaya yang dilakukan dalam mengamankan Pilkada Kota Tual, sehingga alhasil kita semua dapat menikmati situasi yang kondusif ini,”ungkapnya.

Menurutnya torehan tersebut, menjadi sejarah baru bagi Kota Tual, dimana sebelumnya dicap sebagai daerah terawan rangking pertama di Indonesia versi Bawaslu RI. Ternyata lanjut Zainal, Pikada di Kota Tual merupakan daerah terkondusif.
Hal ini sekaligus mematahkan predikat ranking 1 Indek Kerawanan Pilkada (IKP) kepada daerah bertajuk MAREN ini.

“Kalau kita liat prosesnya sangat cepat, setelah status rawan 1 Pilkada dikeluarkan, tidak butuh waktu lama untuk mematahkan predikat tersebut. Ini hal yang luar biasa, sehingga bukan tanpa alasan apresiasi besar dari berbagai pihak diberikan kepada Polres Malra yang bersinergi dengan Kodim 1503,”pungkasnya.

Selain Polres dan TNI, Zainal Kabalmay juga memberikan apresiasi kepada Polda Maluku, yang juga memberikan perhatian serius kepada Polres Malra, dimana Polres tersebut melaksanakan 3 Pilkada sekaligus secara serentak. Yakni Pilkada Kota Tual, Pilkada Malra dan Pilgub Maluku. Zainal mengajak masyarakat untuk bersama sama mengawal situasi kondusif di Kota Tual yang telah tercipta, agar situasi tersebut tidak hanya berlangsung pada saat Pilkada saja, bahkan diharapkan kondisi ini dapat terjaga hingga seterusnya.

“Kepada masyarakat, kita jaga situasi kondusif ini hingga pesta demokrasi ini selesai, bahkan seterusnya. Marilah kita sama sama jaga keamanan, kerukunan dan ketertiban di kota ini sampai pada akhirnya kita akan memiliki Walikota- Wakil Walikota yang sah, sesuai dengan aturan dan undang undang yang berlaku,”himbaunya.(AS)

loading...