Surat Suara Kuning Yang Paling Banyak Rusak Di Kota Ambon

by
Surat suara DPR-RI ada yang paling banyak ditemui kerusakan saat proses sortir di gudang logistik di sport hall Karang Panjang (15/4). FOTO: Priska Birahy

 

 TERASMALUKU.COM  – Sebanyak 19.778 lembar surat suara rusak Kota Ambon dibakar. Belasan ribu surat suara itu berasal dari lima jenis surat suara. Yakni surat suara abu-abu untuk capres cawapres, kuning DPR-RI, merah, DPD RI, biru DPRD Provinsi, dan hijau DPRD kota/kabupaten.

Pembakaran surat suara berlangsung di halaman depan gudang logistik di sport hall Karang Panjang Kecamatan Sirimau Ambon. Beberapa petugas secara bergantian membakar tumpukan surat suara dari dalam kardus.

“Ini yang rusak samua. Katong bakar.  Ada banyak,” jelas seorang petugas lepas siang (15/4). Surat suara itu merupakan yang cacat dan sobek. Kepada wartawan petugas yang juga ikut menyortir dan melipat surat suara itu menyebut satu titik atau bercak hitam kecil saja sudah termasuk kategori rusak.

Petugas tengah menghancurkan lembar surat rusak di halaman gudang logistik di Ambon

Ketua KPU Kota Ambon Sadek Fuad, yang hadir memantau jalannya distribusi menunjukkan beberapa kerusakan yang paling banyak ditemui. “Tinta ada bercak di kolom nama caleg,’ jelas Sadek.

Petugas di gudang logistik harus memastikan semua surat suara benar-benar bersih dan mulus. Satu titik sisa tinta saja akan merusak surat.

Dari jumlah itu menurut Sadek yang paling banyak adalah surat suara DPR-RI. “Paling banyak temuan itu di surat suara DPR-RI, masuk dalam rekap,” beber Sadek.

Untuk mengganti surat yang rusak ada pengiriman surat dari percetakan di Makassar pada pukul 14.00. Dia berharap tidak ada lagi temuan cacat atau rusak pada kertas suara. Itu mengingat waktu pencoblosan yang tinggal sehari lagi. (PRISKA BIRAHY)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *