Survei Indomatriks : AMANAH Unggul di Pilkada Malra

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Lembaga survei Indomatriks merilis survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). Survei yang dilakukan sejak 1 sampai 7 Juni 2018 dengan responden yakni 440 sampel diambil dengan tatap muka se Malra.

Dalam survei tersebut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malra Angky Renyaan dan Hamza Rahayaan (Amanah) mendapat posisi teratas bila dibandingkan dengan dua calon lainnya. Namun keunggulan tersebut hanya berbeda tipis.

“Sampai saat ini pasangan Amanah masih menduduki posisi pertama yakni 33,06 persen bila dibandingkan dengan pasangan Taher Hanubun-Petrus Beruatwarin (MTH-PB) 30,82 persen dan Esebius Utha Savsavubun-Abdurahman Matdoan (Utama) 29,37 persen,” kata Direktur Indomatriks Consultan Bramsen Malakauseya, kepada wartawan di Ambon, Rabu (13/6/2018).

Sementara, kata dia yang belum menentukan pilihan dan masih bisa direbut berjumlah 6, 75 persen, sehingga yang menjadi penentu dalam Pilkada Malra adalah pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Loading...

“Dengan demikian yang menjadi penentu untuk kemenangan ini adalah mereka yang belum menentukan pilihan, karena jarak yang memimpin itu terlalu dekat sehingga dengan data di atas maka setiap pasangan calon masih memiliki peluang yang sama,” katanya.

Ia mengatakan, alasan dari masyarakat Malra memilih kandidat atau pasangan Amanah karena kesamaan suku dan jazirah dengan 30,28 persen, agama 26,12 persen, kinerja dan prestasi 15.64 persen. Kesamaan Idiologi Politik 13.61 persen dan kesamaan profesi kerja 9.36 persen.

“Dengan waktu yang semakin dekat, maka seluruh pasangan calon harus efektifkan secara maksimal seluruh tim di kecamatan dan desa setempat,” jelasnya.

Malakauseya menambahkan, ketiga pasangan calon memiliki peluang untuk menang di Pilkada Malra 27 Juni nanti, namun menurutya treatment dan konsolidasi yang dilakukan harus masif dan terukur. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *