Syahbandar Tual dan KP3 Sita Seribuan  Liter Miras Dari Kapal Pelni  

by
Kepala Kantor UPPL Tual Arifai dan Kapolsek KP3 Yos Sudarso Ipda Herman saat keterangan pers, Kamis (4/1).

TERASMALUKU.COM,-TUAL – Petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Laut (UPPL) Tual dan aparat Kepolisian Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Yos Sudarso Tual menyita minuman keras (Miras) jenis sopi dari Kapal Sabuk Nusantara 48 milik PT Pelni saat sandar di Pelabuhan Tual, Kamis (4/1).

Kepala Kantor UPPL Tual Arifai menyatakan, saat itu pihaknya bersama aparat KP3 melaksanakan tugas mengamankan  penumpang kapal,  ternyata di kapal Sabuk Nusantara 48 yang berlayar dari Saumlaki Maluku Tenggara Barat, ditemukan miras jenis sopi sebanyak 28 gen atau 1.000 liter lebih.

Miras jenis sopi tersebut langsung disita  dan diamankan di Kantor  KP3, kemudian dibawa ke Kantor Polres Maluku Tenggara. “Saya selaku Syahbandar di Pelabuhan Tual langsung memanggil Nahkoda dan Mualim I KM. Sabuk Nusantara, saya minta  dilakukan pembinaan terhadap ABK kapal tersebut agar tidak lagi mengangkut miras,” kata Arifai dalam keterangan pers bersama Kapolsek KP3 Yos Sudarso Ipda Herman.

Menurut Arifai, nahkoda kapal juga sudah membuat pernyataan dihadapan pihaknya dan aparat KP3, bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan tersebut di kapal dan  melarang penumpang yang membawa minuman keras naik ke KM.  Sabuk Nusantara 48.

Arifai mengungkapkan, karena  saat ini status operasi dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 masih berlangsung, maka pihaknya bersama aparat KP3 Yos Sudarso Tual terus mengantisipasi miras yang masuk di wilayah  itu melalui pelabuhan.

“Miras jika terus masuk ke daerah ini (Tual) dan terus dikonsumsi masyarakat sudah tentu mengganggu kondisi Kamtibmas, sering terjadi keributan akibat miras, oleh karena itu kami melakukan upaya pencegahan peredaran miras dari luar daerah masuk ke daerah kami ini,”kata Arifai. (AS)