Tagihan Air Mencekik Warga, Begini Sikap DPRD Maluku ke PDAM Masohi

by
Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku Hatta Hehanusa. FOTO : NAIR FUAD

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Komisi III DPRD Maluku menjadwalkan pemangilan PDAM Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Pemanggilan ini menyusul naiknya tagihan air bersih dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 perbulannya untuk pelanggan di Desa Leane Kecamatan Teon Nila Serua (TNS) Kabupaten Malteng.

“Warga keberatan dengan harga air bersih saat ini.  Karena itu kita akan memanggil PDAM Masohi untuk meminta penjelasan ini,”ungkap Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku Hatta Hehanusa kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku Kamis, (27/8/2020).

Hatta mengatakan, warga keberatan dengan tingginya harga air bersih itu. Rata-rata warga yang hidup di pedesaan berharap dari kebun dan laut. Perhari lanjut Hatta pendapatan mereka tidak menentu. Kadang ada kadang tidak. Perbulan pun juga sama. Karena itu kata Hatta, jangan samakan warga dengan ASN atau pengusaha. Pemerintah juga harus memikirkan sebelum mengambil kebijakan yang tidak merugikan masyarakat kecil.

Loading...

“Jangan samakan mereka dengan warga yang ada di perkotaan. Umumnya, masyarakat pedesaan kadang ada uang, kadang tidak. Sebulan dua bulan baru mereka dapat uang dari hasil hutan dan laut. Jadi kita harus mengerti betul tentang mereka,”katanya.

Menurut Hatta, awalnya pembangunan air bersih bantuan pemerintah pusat pada 2015 itu diberikan secara gratis kepada warga. Namun sejak 2016 PDAM Masohi mengkomersilkan sesuai Purchase Order (PO), artinya diminta tarif perbulan.

Politisi Partai Gerindra ini berjanji, keluhan warga soal naiknya harga air bersih itu akan disampaikan dalam rapat internal Komisi III. Setelah itu baru Komisi III akan memangil pihak PDAM Masohi mempertanyakan PDAM yang tak memihak kepentingan warga setempat.

“Air itu merupakan kebutuhan dasar. Dalam UUD 1945 pun menjelaskan itu. Nanti kita sampaikan sikap kita juga ke PDAM Masohi,”tandas Hatta. (NAIR FUAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *