Tahun 2021 Pemkot Adakan Iuran Kapada Tenaga Kerja Informal

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah Kota Ambon berencana memberakukan program donasi yang bersumber dari gaji ASN pada 2021. Akan ada skema pemotongan gaji setiap bulan dengan nominal tertentu yang diperuntukan bagi tenaga kerja sektor informal.

“Katong akan bikin ASN peduli. Rp 16.500 saja untuk pegawai pemkot. Mulai Januari. Jadi setiap ASN kota berikan perlindungan seperti bapa angkat bagi 1 tenaga informal di Ambon,” jelas Walikota Ambon Richard Louhenapessy beberapa waktu lalu di balai ULA Kota Ambon.

pemototangan ini dimaksud sebagai iuran BPJamsostek bagi tenaga kerja informal yang belum memiliki perlindungan. Richard menjelaskan jumlah ASN kota ada sekitar 6.000 orang. artinya sata ASN sudah bisa menjadi bapak angkay kepada minimal 1 tenaga kerja non-ASN sebanyaka 6.000 orang. “Kalau eselon 4 itu jangan satu, minimal 2-lah,” lanjut dia.

Loading...

Pihaknya akan menyiapkan kembali besaran iuran yang dipoton dari gaji ASN tahun depan. “Saya pikir jumlah tersebut lebih murah dibandingkan harga satu bungkus rokok, program tersebut akan kita mulai di tahun 2020, ” katanya.

Program tersebut kata Richard, merupakan langkah kecil untuk membantu para tenaga kerja non-formal sehingga terlindungi dari resiko pekerjaan. Dia bersyukur sebagian tenaga kerja non-formal di Ambon telah terlindungi jaminan sosial baik BPJamsostek maupun BPJS Kesehatan. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *