Tahun Ini, 40 Desa di Maluku Bakal Dialiri Listrik

by
Kepala Dinas ESDM Maluku Martha Nanlohy saat berbicara di sebuah acara. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Miniral (ESDM) Provinsi Maluku Martha Nanlohy menyatakan, hingga Tahun 2016 ada  419 desa di wilayah  Maluku yang belum  menikmati aliran  listrik.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku terus berupaya agar seluruh desa di Maluku bisa terlistriki. Di Tahun 2017 ini, ada 40 desa di tiga kabupaten di   Maluku mendapat bantuan listrik yang bersumber dari  Anggaran Pendapatan dan  Belanja  Daerah (APBD) Maluku.

“Tahun ini hanya 40 desa yang dapat bantuan listrik  dari APBD Pemprov Maluku.  Yakni Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru. Itu berarti masih   ada 379 desa yang belum teraliri listrik,” kata Nanlohy  kepada wartawan   saat    Rapat Kerja Daerah  Pemprov Maluku  di Kota  Larat Kabupaten MTB, Senin (7/8).

loading...

Ia mengatakan, Pemprov Maluku  terus berusaha agar seluruh desa di Maluku di tahun 2020 nanti bisa menikmati penerangan listrik. Untuk mencapai itu, menurut Nanlohy  ada bantuan dari APBN lewat Kementerian ESDM dan PT. PLN (Persero). “Kita target 2020 seluruh desa di wilayah Maluku bisa berlistrik, kita juga dapat bantuan listrik  untuk lima desa dari Kementerian ESDM dan tujuh desa dari PLN,” katanya.

Khusus wilayah MTB menurut Nanlohy, sudah 51 desa mendapat aliran  listrik dan sisa  27 desa lagi yang belum mendapat listrik di wilayah kabupaten tersebut.  “Rancangan  APBD Provinsi Maluku tahun 2017 ini, Pemerintah Maluku akan memberi bantuan  listrik di  tujuh desa  pada   wilayah  MTB, tahun 2018 mendatang 10 desa dan tahun 2019 juga 10 desa, sehingga seluruh desa bisa terlistriki,” katanya.  Ia berharap, target Pemprov Maluku di Tahun 2020, seluruh wilayah Maluku teraliri listrik bisa tercapai. (IAN)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *