Tahun Ini Lanjut Beri Santunan Kematian

by
Sumber: Harian7

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tahun ini pemerintah Kota Ambon kembali melanjutkan santunan kematian bagi keluarga yang sempat tertunda di 2020.

Santunan ini sempat terhenti sepanjang 2020. Penyebabnya ada perubahan aturan di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia terkait pengelolaan keuangan daerah.

Atutan itu tertuang dalam Permendagri  Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis  Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Aturan ini berubah dari mulai PP 58 berubah ke PP 12 dan peraturan turunan Permendagri 13. Kemarin sempat pengelolaan uang daerah itu kan sempat berubah dia punya aturannya,” ungkap Kepala Badan Keuangan dan Arsip Daerah (BKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz.

Didalamya mengatur tentang pengelolaan keuangan dan kebijakan terkait santunan kematian dengan kelengkapan administrasi sesuai aturan pemkot.

Masalah lain, ada penundaan pencairan santunan kepada keluarga almarhum/almarhumah yang meninggal tahun lalu. Itu kata Apries akibat urusan administrasi yang belum lengkap.

“Jadi yang 2020 tidak terbayar kita anggap administrasi tidak lengkap sehingga tidak bisa dibayarkan,” jelas dia. Untuk menghindari keterlambatan pencarian, Apries meminta keluarga memastikan kelengkapan administrasi.

Santunan tersebut masuk dalam Belanja Tidak Terduga (BTT). BTT diatur dalam Permendagri tersebut di atas  Pasal 68 dan Pasal 69 Peraturan Pemerintah

Nomor 12 tahun 2019. Besar santunan yang diterima yaitu Rp 2.000.000. “Kita mulai dari orang meninggal bulan Januari. Tapi mulai bayar sekitar satu minggu yang lalu. Karena kita menunggu Perwali,” sebutnya. (PRISKA BIRAHY)