Tahun Ini, Maluku Dapat Bantuan Hewan Kurban Dari Presiden Seekor Sapi Berbobot 900 Kg

by
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Dokumentasi BPMI Sekretariat Presiden)


TERASMALUKU.COM,-AMBON-
Untuk Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021 ini, Maluku kembali mendapatkan bantuan hewan kurban dari Presiden Joko widodo. Kali ini, hewan kurban bantuan Presiden Jokowi ini berbobot 900 Kg.

Ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Jasmin Badjak disela-sela pengawasan terhadap hewan ternak sapi dan kambing yang dijual untuk dijadikan hewan kurban di Kota Ambon, Rabu (14/7/2021).

BACA JUGA : Pengawasan Hewan Kurban, Distan Maluku Pastikan Kondisi Sapi dan Kambing Yang Dijual di Ambon Sehat dan Memenuhi Syarat

BACA JUGA : Jumlah Sapi dan Kambing Yang Dijual Untuk Dijadikan Hewan Kurban di Ambon Alami Peningkatan

Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Jasmin Badjak.

“Kami sudah koordinasi dengan Biro Kesra terkait hal ini, rencana (hewan kurban) bantuan Presiden itu berat bobot hidupnya 900 Kg,”ungkapnya kepada wartawan.

Kali ini, hewan kurban jenis sapi bantuan Presiden bukan dari peranakan Ongole sebagaimana tahun sebelumnya, tapi seekor sapi peranakan Brahman.

Untuk bobotnya sendiri lanjut Jasmin, untuk tahun ini ada peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. “Dibandingkan tahun kemarin, sapi bantuan Presiden kali ini dia (punya bobot) naik, tahun ini naik 100kg, tahun kemarin 800 kg,”sambungnya.

Hewan kurban jenis sapi peranakan Brahman ini diambil dari peternakan di Kabupaten Buru.

Rencananya, akan didatangkan ke Ambon H-5 atau H-2 jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. “Sekarang masih di Pulau Buru, kemungkinan H-5 atau H-2 sudah siap di lokasi,”ujarnya.

Sedangkan untuk hewan kurban Gubernur, kata Jasmin menambahkan, juga sudah disiapkan.

Untuk hewan kurban Gubernur Maluku ini kata Jasmin memiliki bobot hodup 800 Kg. “Sudah disiapkan juga sapi berbobot hidup 800 kg dibawa dari SBB,”tandasnya. (Ruzady)