Lima Bus Untuk Mahasiswa dan Warga Hatu Siap Beroperasi

by

AMBON-Lima bus yang diperuntukkan khusus mahasiswa dan masyarakat Desa Hatu Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), segera beroperasi . “Keberadaan bus ini, diharapkan mampu menyelesaikan masaalah yang selama ini dialami mahasiswa dan masyarakat desa setempat ketika melakukan aktifitas ke Kota Ambon dengan biaya yang cukup mahal,”kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Malukua Benny Gazper, saat peresmian Kantor Dinas Perhubungan Maluku Senin (25/4).
Benny mengatakan, saat ini masih dilakukan penghitungan tarif dan mengatur jalur operasi, kemudian ditetapkan berapa biaya yang bakal dipungut perorang. Menurutnya, lima bus itu tidak disatukan atapun bergabung dengan angkutan luar Kota Ambon, melainkan tersendiri. Bus akan mengangkat penumpang di depan Gong Perdamaian dengan tujuan operasi sesuai jalur.
“Kenapa sampai kita utamakan bus ini opersai Ambon dan Hatu. Yang pertama kita lihat dari jalan kemudian kedua pelebaran jalan, itu yang kita lihat mengigat bus ini sangat besar kalau bus ini beroperasi Ambon Hitu atau kah jalur Latuhalat misalnya, maka angkutan lainya tidak bisa lewat karena jalan yang tidak memadai,”katanya.
Gazper menambahkan, kedepan Pemprov Maluku akan menambahkan bus bagi jalur yang lain di Kota Ambon. Hal itu dimaksudkan agar mahasiswa dan masyarakat Kota Ambon maupun di luar Kota Ambon bisa merasakan bus seperti itu, apalagi penggutan tarif juga murah.
“Nanti tarif, yang dipungut juga kita hitung kembali, agar tidak mempersulit masyarakat terutama mahasiswa karena sesungguhnya hakekat utama dari tugas-tugas kami aparatur bidang perhubungan adalah melayani masyarakat kecil semaksimal mungkin, khususnya pelayanan di bidang transfortasi,” terang Gazper. UAD