Tahun Ini RTP Tapal Kuda Rampung

by
Pembangunan ruang terbuka publik (RTP) Tapal kuda rencananya akan tuntas pada Oktober mendatang, (13/3). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah Kota Ambon tengah merampungkan pembangunan ruang terbuka publik (RTP) di Kecamatan Nusaniwe. Pengerjaan ini merupakan bagian dari pembangunan kota jangka panjang.

Usai menyelesaikan pembangunan RTP Amahusu, kini giliran RTP Tapal Kuda. Lokasinya berhadapan dengan Kantor Dinas perhubungan Provinsi Maluku. Di lokasi itu telah dilakukan pengeringan dan pemasangan ring talud untuk penahan air dan pondasi.

Kepala Seksi Pemanfaatn dan Tata Ruang Kota, Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon, Daniel Hutajulu menjelaskan pembangunan akan dimulai pada April. “April pembangunan fisik RTP. Saat ini pasang penahan dulu,” jelas Daniel kepada wartawan Jumat (13/3/2020).

Lokasi yang digunakan merupakan wilayah reklamasi bibir pantai seluas 1,2 hektar. Mereka menargetkan pengerjaan rampung pada Oktober mendatang. Daniel merinci pembangunan itu menelan anggaran secara keseluruhan Rp 7 miliar. Namun di tahap awal pengerjaan menghabiskan Rp 1,2 miliar.

Loading...

Nntinya tidak hanya menggarap ruang terbuka di situ. Namun juga menyiapkan pusat kuliner serta ada pemindahan kantor kelurahan. “Nantinya pusat kuliner rujak itu pindah tidak di tengah, tapi di tempat kita termasuk kantor kelurahan. Jadinya terhubung dengan ruang terbuka di depan perumahan pangdam itu,” bebernya.

Rancangan fasilitas publik yang terintergasi diharapkan dapat memberi manfaat bagi warga secara cuma-cuma untuk aktifitas sosial, perjumpaan dan ragam kegiatan kreatif lainnya.

“Kalau sudah ada di sini katong seng perlu jauh-jauh lagi ke Taman Pattimura. Apalagi di sini ada dua. Di Amahusu dan di Tapal Kuda,” aku Asnawi Patty warga Aersalobar. Menurutnya keberadaan RTP itu amat membantu aktifitas fisik warga. Apalagi kawasan itu sudah tak lagi memiliki ruang terbuka yang luas. Harapannya RTP dapat dimanfaatkan untuk ragam kegiatan positif. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *