Tak Ada Pilihan Lain, Walikota Minta Warga Berhati-hati di Trotoar Licin

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Walikota Ambon turut beri komentar serta himbauan terkait banyak warga juga pengguna jalan yang tergelincir di jalur pedestrian. Dengan kondisinya yang licin, Richard Louhenapessy minta warga harus berhati-hati.

“Dia punya kunci cuma satu hati – hati,” imbau Louhenapessy kepada wartawan usai apel Empat Tahun Kepemimpinan Walikota Dan Wakil Walikota Ambon di sejumlah wartawan di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (24/5/2021) pagi.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2014

Menurutnya, yang dapat dilakukan warga sejauh ini hanya berhati-hati. Jalur yang dibangun PUPR Provinsi Maluku seyogyanya menjadi tempat yang aman dan nyaman.

Richard menambahkan pernyataan kadis PUPR yang menyatakan pengerjaan jalur pedestrian itu belum rampung. Dari keterangan PUPR Provinsi Maluku sebagai penanggung jawab proyek, akan ada pengerjaan lanjutan.

“Ini kan belum selesai pembutananya. Kalau su selesai tahap berikut bikin coating tahap finishing,” tambah Richard.

Meski begitu pengerjaan ini tak luput dari perhatiannya selaku pemerintah kota. Apalagi warga kota yang paling banyak beraktivitas menggunakan trotoar bertuliskan City of music itu.

Richrad menjanjikan akan mengevaluasi lagi jika nyatanya masih ada pengguna jalan yang terpeleset atau jatuh usai proyek tuntas. “Nah itu kira-kira begitu. Nanti klo sudah coating ternyata juga licin baru kita evaluasi,” papar dia.

Walikota Ambon juga memberikan pandangannya terkait pengerjaan jalur pedestrian tersebut. “Jadi di-coating lebih awal supaya dia jadi contoh begitu. Jang tunggu semua, ya kalo bisa yang sudah selesai di-coating. Tapi intinya belum selesai. Ini berkaitan dengan kontrak dan sebagainya,”.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman perencanaan, penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

Pada Bab 1 Pasal 1 poin nomor 3 tertuang, Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki adalah fasilitas yang disediakan di sepanjang jaringan pejalan kaki untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki.

Pada poin ini dapat disepakati pengerjaan jalur pedestrian harapan PUPR provinsi Maluku sementara tidak memenuhi rasa nyaman dan keselamatan.

Kini warga menunggu langkah tepat. Bukan sekadar pernyataan melalui akun sosial media yang malah menuai ratusan kritikan warganet. (PRISKA BIRAHY)