Tak Ada Ujian Nasional, Tenaga Pendidik Siapkan Materi Untuk Siswa

by
Sumber. Suara.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebentar lagi siswa menangah atas (SMA) akan masuk dalam ujian sekolah pada Maret. Sesuai arahan Mendikbud, Nadiem Makarim, tidak ada lagi ujian nasional pun kesetaraan. Praktis keperluan ujian sekolah disiapkan oleh satuan sekolah.

Salah satunya kesiapan di SMA Nambuasa Tulehu yang sudah capai 75 persen. Jelang Maret ujian sekolah, para guru mulai bergegas menyiapkan bahan ujian dan materi bagi para siswa.

“Sejauh ini sudah 75 persen. Semua materi tuntas tinggal rangkum soal-soal saja,” ucap Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Nambuasa Tulehu, Noni kaimudin, Rabu, 24 Februari 2021.

Baru-baru ini kementerian pendidikan dan kebudayaan menerbitkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaraan Corona Virus Disease (covid 19).

Isinya ada sembilan (9) pasal mengenai langkah responsif keselamatan tenaga pendidik siswa dan lingkungan belajar mengajar selama masa pandemi.

“Untuk penyusuan soal ini dari guru-guru sendiri yang membuatnya. Hal ini sudah tercantum dalam surat edaran yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam surat edaran itu ujian itu dikembalikan kepada masing-masing satuan pendidikan,” jelasnya.

Dalam pasal 5, juga tertuang mengenai ujian bagi peserta didik menengah kejuruan (SMK) mengikuti ujian kompetensi keahlian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Terkait penyusunan soal, katanya, para guru pun tidak akan mempersulit siswa. Semua materi soal adalah bagian dari bahan ajar yang pernah diterima peserta didik.

“Yang jelas kita tetap berpacu pada kisi-kisi yang sudah diberikan, yang pasti siswa bisa menjawab,” pungkasnya. (PRISKA BIRAHY)