Tak Ingin Bersaing Dengan Presiden, Segini BUMDes di Ambon Yang Diberi Bantuan Oleh Menteri Desa

by
Menteri Desa PDTT, Abdul Halim ISkandar saat berdialog bersama perwakilan BUMDes se-Kota Ambon, Jumat (29/1/2021). Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar berjanji akan memberikan bantuan kepada lima Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Ambon dari Kementerian Desa PDTT.

Bantuan ini dijanjikannya saat kunjungi kantor dan gerai BUMDes Hatukau Negeri Batu Merah di Ambon, Jumat (29/1/2021). Kunjungan ini dibarengi juga dengan dialog bersama perwakilan BUMDes se-Kota Ambon.

Loading…

Pemberian bantuan untuk lima BUMDes di Kota Ambon ini menanggapi permintaan Pemerintah Kota Ambon melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan MAsyarakat Desa (P3AMD) Ambon, Meggy Lekatompessy saat berikan sambutannya.

Saat berikan sambutan dihadapan Menteri Desa, Lekatompessy menyampaikan pada 2018 lalu saat Presiden Joko Widodo kunjungi Ambon, orang nomor satu di Republik Indonesia itu memberikan bantuan sebesar Rp. 50 Juta dari Kemendes PDTT untuk 14 BUMDes yang ada di Kota Ambon.

Sementara jumlah BUMDes di Ambon hingga 29 Januari ini berjumlah 26. Sebagian besar BUMDes di Kota Ambon kata dia bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa, transportasi, perikanan, simpan pinjam, pariwisata dan pengelolaan air bersih.

“Oleh karena itu lewat kesempatan ini ingin mengucapkan terimakasih banyak atas perhatian kepada BUMDes di Kota Ambon dan kiranya perhatian yang sama dapat diberikan oleh Bapak Menteri terhadap BUMDes di Kota Ambon,”tuturnya.

Sementara penyertaan modal yang telah diberikan oleh Desa kepada BUMDes di Kota Ambon dalam tiga tahun belakngan ini totalnya Rp. 5.548.352.026 dengan rincian pada 2018 sebesar Rp. 3.696.314.150, 2019 Rp. 1.312.180.000 dan 2020 Rp. 539.857.876.

Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar didampingi istri saat meninjau salah satu gerai BUMDes Hatukau. Foto : Terasmaluku.com

Menanggapi permintaan Kepala Dinas P3AMD Kota Ambon itu, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar pun menyatakan akan memberikan bantuan juga kepada BUMDes di Kota Ambon, namun hanya untuk lima BUMDes karena tidak ingin bersaing dengan Presiden Joko Widodo dalam hal jumlah BUMDes yang diberi bantuan.

“Berapa BUMDes (yang diberi bantuan oleh Presiden)? 14 ya. Namanya Presiden ya 14 (BUMDes yang diberikan bantuan), kalau yang kesini Menteri ya nggak boleh sama, nanti dikira Menteri kok nyamai Presiden, kan gitu. Oleh sebab itu saya nggak akan ninggalin (bantuan untuk) 14 BUMDes, saya akan ninggalin (bantuan untuk) lima BUMDes, nanti tersarh ibu Kepala Dinas untuk didistribusikan kemana, tapi saya minta BUMdes ini (Hatukau) dikasi satu sehingga untuk nambah modal,”ucapnya menjawab.

Meskipun jumlah BUMDes yang diberi bantuan oleh Menteri Desa ini jumlahnya jauh labih sedikit dibandingkan dengan jumlah BUMdes yang diberi bantuan oleh Presiden Jokowi pada 2018 lalu, namun nominal bantuan yang berikan oleh Menteri Desa lebih besar dari yang kala itu diberikan Presiden Jokowi.

“Insya Allah tidak 50 juta. Ya kalau dulu 50 Juta sekarang 50 juta berarti nda ada perkembangan namanya. Jadi harus ada perkembangan, Insya Allah tiap-tiap BUMDes kita kasi tinggalan (bantuan) 75 juta,”tandasnya.

Uai berdialog, Menteri beserta Istri juga menyempatkan diri mengunjungi gerai-gerai BUMDes Hatukau yang berjejer dilokasi tersebut. (Ruzady)