Taman Nasional Manusela Bakal Ekspedisi Data Flora dan Fauna Di Murkele

by
Kepala Balai Taman Nasional Manusela Maluku Tengah Ivan Yusuf Noor saat memberi materi Diskusi Media Jurnalis Lingkungan (30/3). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Pihak Taman Nasional Manusela Maluku bakal melakukan ekspedisi Murkele. Ekspedisi digelar untuk mendata jenis flora dan fauna serta infromasi hayati yang ada di dalam kawasan taman nasional.

Sesuai data dari TN, kawasan Gunung Murkele termasuk area putih. Keberadaan spesies di sana belum terdata oleh TN. Mereka meyakini keanekaragaman serta ekosistem di kawasan TN Manusela begitu kaya.

Untuk itu ekspedisi ini diupayakan bisa terlaksana. Pendataan itu juga sekaligus sebagai langkah perlindungan pada berbagai tanaman satwa liar di sana. “Kalau kita tahu tentu ada upaya untuk menjaga. Tapi kami sedang berusaha untuk ke sana, sebab itu kawasan sakral,” jelas Kepala Balai Taman Nasional Manusela Ivan Yusfi Noor saat kegiatan Diskusi Media: Jurnalis Lingkungan di Kantor BKSDA Maluku, Sabtu sore (30/3/2019).

Kepada sejumlah wartawan dia menyebut, Murkele sejak lama menjadi kawasan sakral dan esensial bagi masyarakat sekitar. Karena itu tidak sembarang orang bisa masuk ke sana. Butuh pemahaman dan waktu agar tim bisa mendata tanaman satwa di sana.

Dia mengku saat ini tengah melakukan pendekatan dan memberi pemahaman kepada masyarakat serta tokoh masyarakat di sana. Seperti kepala desa atau raja setempat. “Ekspedisi ini jelas untuk inventaris flora fauna. Persiapan kami ke sana 15 hari,” ungkap dia.

Pihak TN merencanakan ekspedisi ini berlangsung selama 15 hari dengan segala persiapan yang dilakukan. Dia berharap tim bisa berhasil merekam data kekayaan alam di salah satu kawasan Taman Nasional Manusela. (PRISKA BIRAHY)