Tanpa Rasa Sakit, Cerita Pria 81 di Kelurahan Uritetu Vaksinasi Covid-19

by
Dua orang lansia di Tanah Tinggi sementara menunggu peserta vaksinasi lain di posyandu hingga 10 orang barulah vaksinasi covid-19 dimulai, (3/3). FOTO: Priska Birahy

 TERASMALUKU.COM,AMBON, – Baru ada dua lansia yang terlihat antri sekitar pukul 9.30 WIT di posyandu Melati, Tanah Tinggi, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau. Mereka bukan sedang menunggu antrian. Namun menanti rekan-rekan lanjut usia lain datang ke lokasi vaksinasi.

Pagi tadi giliran vaksinasi lansia di kecamatan Sirimau. Di posyandu Melati Lorong Kedondong Tanah Tinggi misalnya. Para tenaga kesehatan, relawan juga dokter telah bersiap menunggu mulainya vaksinasi.

Arnold Leatemia, 81 saat jalani skrining sebelum dinyatakan siap vaksinasi

Proses vaksinasi covid-19 harus disesuaikan dengan peserta vaksin. Tenaga kesehatan harus menunggu hingga ada sepuluh orang peserta yang siap, barulah vaksin dibuka.

“Katong harus tunggu 10 orang dulu, saip, baru bisa buka vaksin. Ini tunggu beberapa orang lai,” terang Corry salah serang petugas di lokasi vaksinasi lansia pagi tadi, (3/3/2021).

Tak lama berselang barulah berdatangan para lansia di sekitar. Posyandu Melati masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Christina Martha Tiahahu. Namun pagi tadi pelayanan vaksinasi ditangani oleh petugas puskesmas Amahusu.

Mereka wajib melewati tiga (3) meja pemeriksaan. Jika kondisi kesehatan aman, barulah diperkenankan menerima vaksin.

Arnold Leatemia, 81 warga RT 1 RW 3 Tanah Tinggi jadi peserta pertama penerima vaksin covid-19 di Posyandu Melati. Dari hasil pemeriksaan, peserta yang datang paling awal ini tak memiliki keluhan penyakit. Dia tampak siap dan tak ragu-ragu ikut vaksinasi.

“Beta datang, ya supaya bebas corona,” jawab Arnold singkat usai 15 menit menerima vaksin tahap pertama itu.

Pria kelahiran 1940 pun antusias menggambarkan proses vaksinasi yang dia sebut tanpa  rasa sakit sedikitpun. “Seng rasa apa-apa. Nyamuk jua seng rasa,” katanya.

Arnold pun meminta agar peserta yang masuk kategori lansia untuk segera vaksin agar terbebas dari virus corona.“Siapa yang dipanggil, yang su daftar ya datang kamari, supaya bebas dari covid-19,” (PRISKA BIRAHY)