Tarawih, Warga Negeri Wakal Mulai Berpuasa

by
Warga Negeri Wakal menggelar Shalat Tarawih perdana pada Jumat (3/5/2019), sebagai tanda memulai ibadah puasa di Bulan Ramadhan. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Warga Negeri Wakal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Pulau Ambon, Jumat (3/5/2019) malam sudah menggelar Shalat Tarawih pertama, mendandai awa 1 Ramadhan 1440 Hijriah.

Pelaksanaan Shalat Tarawih ini berbeda tiga hari dengan pemerintah yang baru akan melaksanakan sidang isbat pada hari Minggu (5/5/2019) mendatang.

Shalat Tarawih dipusatkan di Masjid Nurul Awal Wakal yang diikuti jamaah warga setempat. Warga Wakal meyakini penentuan 1 Ramadhan telah sesuai perhitungan atau hisab yang dilakukan sejak dahulu, berdasarkam sistem hisab terun temurun oleh nenek moyang mereka.

“Metode perhitungan sudah kita mulai sejak memasuki tanggal 1 bulan Muharram dengan cara menghitung huruf Hijaiyah,” Kata Imam Masjid Nurul Awal, Kasim Tahapary.

Dia menjelaskan, penetapan 1 Ramadhan melalui perhitungan bulan. Namun tidak terlepas dari metode menghitung penanggalan tahun hijriah. Melalui metode perhitungan buang sama, para tokoh agama dan tokoh adat wilayah setempat juga menentukan penentuan 1 Syawal.

loading...

“Di Negeri Wakal terutama para tokoh adat agama tahu munculnya 1 Ramadhan karena alam serta mahluk tertentu tahu rahasianya,” katanya. Dengan Shalat Tarawih ini, maka mulai Sabtu (4/5/2019) warga Negeri Wakal mulai menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini. (ALFIAN SANUSI).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *