Target Swasembada Jagung di Tahun 2017 Tercapai

by

JAKARTA-Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memberikan arahan pada Rapat Koodirnasi yang membahas Kesepakatan antara Dinas Pertanian dengan Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (19/9). Rapat ini dihadiri para kepala dinas pertanian sentra produksi jagung, para pengusaha jagung yang tergabung dalam GPMT, pihak TNI, dan jajaran Eselon I Kementan.

Dalam kesempatan ini, Mentan, Amran menyampaikan  sampai saat ini Kementan menaruh perhatian yang tinggi kepada para petani dan pengusaha jagung. Ini terlihat dari anggaran yang dialokasikan yang sangat besar untuk pengembangan jagung 2 juta ha yakni mencapai Rp 3 triliun.

Loading…

Untuk itu, Mentan, Amran berharap terbangunnya sinergi yang baik antara pemerintah dan para pengusaha sehinggadi saat musim panen harga jagung di tingkat petani tidak jatuh. Dengan demikian, petani dan pengusaha sama-sama mendapat keuntungan yang wajar.

Dalam mendukung peningkatan produksi jagung guna mengejar target swasembada jagung di tahun 2017, Kementan mengalokasikan bantuan pengembangan jagung yang dikawal GPMT sebanyak 1 juta ha. Dalam hal ini, GPMT terjun langsung mengawal budidaya jagung di tingkat petani.

“Apabila ini terwujud, maka akan terjadi penambahan produksi jagung sehingga impor jagung tidak perlu kita lakukan. Apalagi kualitas jagung lokal lebih bagus dibandingkan jagung impor,” tegas Amran. ADI