Tarik Kunjungan Wisata, Dispar Buru Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Penyelam

by
Instruktur selam dari Persatuan Olah Raga Selam Indonesia (POSSI) Ambon memberikan pelatihan menyelam bagi puluhan pemandu wisata menyelam di Dive Centre Bupolo Pantai Jikumarasa Kabupaten Buru, Selasa (30/4/2019). FOTO : DISPAR BURU

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Untuk memberikan pengetahuan bagi pemandu wisata menyelam, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buru menggelar pelatihan pemandu wisata alam (training penyelam) bagi jumlah 40 orang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama delapan hari ini dibuka oleh Asisten I Sekda  Bidang Pemerintahan Kabupaten Buru Masri didampingi Kadis Pariwisata Buru, Istanto Setyahadi di Resto Aleksis, Kamis (25/4/2019) dan akan berakhir di Pantai Wisata Jikumarasa Namlea, Kamis (2/5/2019).

Para peserta pelatihan menyelam di Dive Centre Bupolo Pantai Jikumarasa Kabupaten Buru, Selasa (30/4/2019). FOTO : DISPAR BURU

Untuk kegiatan ini, Dispar Buru mendatangkan para instruktur selam dari  Persatuan Olah Raga Selam Indonesia (POSSI) Ambon. Metode pelatihan pemandu wisata alam ini, hari pertama pemberian teori di Kota Namlea, dan tujuh hari lainnya praktek di Dive Centre Bupolo yang berlokasi di  Pantai Jikumarasa.

“Hari pertama peserta mendapat teori dari pelatih, instruktur  Persatuan Olah Raga Selam Indonesia (POSSI) Ambon, setelah itu selama tujuh hari peserta melakukan praktek di Dive Centre Bupolo Pantai Wisata Jikumarasa dengan didampingi para instruktur penyelam,” kata Istanto kepada Terasmaluku.com, Rabu (1/5/2019).

loading...

Istanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kompetensi dan ketrampilan sebagai pemandu wisata khususnya wisata menyelam, under water di Kabupaten Buru. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus pemberian sertifikat penyelam bagi peserta. Pelatihan pemandu wisata alam ini merupakan salah satu upaya Dispar Buru untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Istanto menjelaskan, pelatihan ini sangat penting bagi pemandu wisata menyelam, karena salah satu potensi wisata di Kabupaten Buru adalah wisata menyelam. “Dengan kegiatan ini nantinya kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap wisata yang berkunjung ke Kabupaten Buru terutama yang ingin menyelam, karena banyak pemandu wisata menyelam sudah bersertifikasi siap mendampingi para wisatawan,” kata Istanto. (ADI)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *