Taruna AAL Kirab Kota, Pukau Warga Ambon

by
Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (ALL) RI menggelar atrasi Genderang Suling Gita Jala Taruna di Lapangan Merdeka Ambon, mengawali Kirab Kota, Rabu (22/11). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMAUKU.COM,-AMBON-Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) RI  Tingkat 4 Angkatan ke-63 menggelar Kirab Kota di Kota Ambon, Rabu (22/11) sore. Kirab Kota  Taruna ALL ini dilepas Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, yang didampingi Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Komandan Lantamal IX Ambon, Laksama Pertama TNI Nur Singgih Prihartono dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dari Lapangan Merdeka Ambon.

Mengawali Kirab Kota, Taruna dan Taruni AAL menggelar atrasi Genderang Suling Gita Jala Taruna. Puluhan Taruna dan Taruni AAL ini menunjukan kebolehan mereka di depan Muspida Maluku dan warga Kota Ambon di Lapangan Merdeka.  Setelah dilepas Taruna dan Taruni AAL dan peserta kirab lainnya melintasi sejumlah jalan utama di Kota Ambon sejauh 3 kilometer.

Tidak hanya Taruna AAL, peserta kirab atau perjalanan  bersama-sama ini juga diikuti pasukan Marinir, pasukan Lantamal IX  Ambon, marsing band dari sejumlah sekolah di Ambon. Diantaranya,  Marsing Band SMA Negeri Siwalima Ambon, SUPM Waiheru Ambon, SMA Xaverius dan SMP Negeri 3 Ambon.

Kirab Kota Taruna AAL ini memukau warga Kota Ambon. Warga menyaksikan atraksi peserta kirab,  terutama atrasi  Taruna dan Taruni AAL. “Kirab Kota ini digelar untuk menjalin kebersamaan antara Taruna dan Taruni AAL RI dengan warga serta untuk menghibur warga Kota Ambon. Kegiatan ini juga merupakan praktek taruna AAL setelah mereka menempuh pendidikan di AAL,” kata Nur Singgih.

Sementara itu, Wagub Maluku Zeth Sahuburua saat sambutan pelepasan berharap Kirab Kota Taruna AAL ini dapat memberikan inspirasi bagi warga Maluku agar bercita – cita masuk ke AAL.“Harapan kami Pemerintah Provinsi Maluku, para Taruna dan Taruni  AAL ini  menjadi pemimpin yang baik, mencintai, melindungi  rakyat dan menjaga keutuhan NKRI,” kata Sahuburua.

Akibat kirab kota ini juga terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan, terutama di jalan yang dilalui peserta kirab. Setelah melintasi sejumlah ruas jalan utama, peserta Kirab Kota Taruna ALL, kemudian diterima Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler di Lapangan Merdeka Ambon. (ADI)