Terapkan Tilang Elektronik, Pengendara Tidak Bisa Sembarangan di Jalan

by
Kadishub Kota Ambon, Robby Sapulette sebut bakal mulai terapkan ETLE tilang elektronik di dua kawasan tertib lalulintas (KTL), pengendara tidak bisa lagi sembarangan di jalan. FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM, AMBON,- Dinas Perhubungan Kota Ambon akan lakukan tilang elektronik. Cara itu untuk menunjang kawasan tertib lalulintas (KTL) dan mengurangi penindakan manual.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ambon, Robby Sapulette menyatakan akan ada kerjasama dengan pihak kepolisian terkait tilang elektronik.

“Itu dipasangi namanya ETLE, Electronic Traffic Law Enforcement. Untuk kurangi penindakan bersifat manual,” jelas Kadishub Robby usai peluncuran KTL di ┬áTribun Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (7/4/2021) siang.

BACA JUGA : Resmi, Jalan A.Y. Patty dan Slamet Riyadi Jadi Kawasan Tertib Lalulintas

ETLE secara nasional resmi diluncurkan pada 23 Maret 2021 oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pada peluncuran tahap pertama penerapan tilang dengan kamera ETLE berlaku di 12 polda.

Sistem kerja tilang otomatis yakni menangkap semua pelanggaran dari pengendara kendaraan bermotor. Jenis pelanggaran yang dapat ditangkap oleh kamera ETLE adalah pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Nah, ada dua kamera yang dipasang di dua KTL. “Ada CCTV yang kami pasang dan akan terkoneksi dengan ruang pantau baik di dishub maupun kepolisian. Sebab itu mekanisme akan diatur biar jelas penindakannya,” Tutur Robby.

Sambil menunggu sistem terkoneksi dan terintegrasi dengan sempurna akan ada tim terpadu yang juga turun memantau pelanggaran di dua kawasan.
Petugas yang turun ke jalan, katanya, bakal mengawasi juga menindak pengendara yang melanggar aturan lalin.

Rencananya penerapan aturan KTL bakal sepenuhnya berjalan pekan depan. Pasalnya di dua jalan utama tersebut masih berlangsung pengerjaan drainase dan jalur pedestrian.

“Dalam waktu dekat kita mulai aksi. Nah kita lihat sekarang kan kondisi Jalan A.Y. Patty belum selesai pengerjaan drainase nanti seminggu ke depan sudah mulai aksi,” jelasnya. (PRISKA BIRAHY)