Terima Kasihku, Pejuang Kebersihan Terindah Kota Ambon

by
Walikota dan warga Kota Ambon mengarak Trophy Adipura di Kota Ambon pada Kamis (3/8). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratusan warga  Kota Ambon menjemput Trophy Adipura di Bandara Patimura Ambon, Kamis (3/8) saat Walikota tiba dengan trophy itu. Kota Ambon terpilih untuk keenam kalinnya menerima penghargaan sebagai salah satu kota bersih di Indonesia dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain Adipura, Kota Ambon juga mendapatkan Trophy Adiwiyata Mandiri karena punya komitmen dengan pengaruh lingkungan.

Pantauan Terasmaluku.com, usai menyambut,  Trophy Adipura tersebut diarak warga bersama walikota dari Bandara Patimura mengelilingi Kota Ambon dan finish di kawasan Tapal Kuda Air Salobar Kecamatan Nusaniwe. Warga Kota Ambon menyambut Trophy Adipura dengan penuh suka cita.  Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyebutkan, ada empat indikator Kota Ambon bisa mendapatkan Adipura.Yakni, kota harus bersih, kota harus teduh, kota harus sehat dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang baik.

“Kota Ambon mendapatkan nilai yang tertinggi pada indikator TPA yang baik, biar ketiga indikator baik tapi kalau TPA jelek tidak bisa mendapatkan penghargaan,” katanya.  Ia menyatakan, Kota Ambon untuk keenam kalinya mendapatkan penghargaan Adipura, hal ini bisa terwujud berkat dukungan para pekerja kebersihan yang tidak pernah mengenal lelah dari pagi, siang dan malam hari, membersihkan Kota Ambon.

“Saya sampaikan terima kasih banyak kepada seluruh pejuang kebersihan dan lingkungan yang memberikan kontribusi selama enam tahun berturut-turut, sehingga Kota Ambon menerima  penghargaan kebersihan dari pemerintah pusat,” kata Walikota.  Ia mengatakan, sebagai bentuk terima kasih kepada pejuang lingkungan tersebut, dirinya juga mengikutsertakan tiap-tiap perwakilan kelompok yang selama ini mengabdi kepada kebersihan Kota Ambon.

“Saya membawa 18 orang perwakilan sapu jalan, drainase, angkutan sampah, pemadam kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan para pengangkut sampah di laut untuk melihat secara langsung penerimaan Trophy Adipura di Jakarta,” ungkat Walikota  Richard.

Ia menambhakan, sesuai dengan perkataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat penyerahan Trophy Adipura, ada dua catatan penting yang dititipkan yakni menjaga dan melestarikan hutan di Indonesia dengan baik, karena hutan merupakan jati diri bangsa ini. Seperti diketahui, pada Rabu (2/8) Walikota menerima Trophy Adipura yang diserahkan langsung Presiden Jokowi di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  karena meraih salah satu kota bersih di Indonesia. (IAN)