Tersisa Negeri Hatalai yang Belum Terpasang Internet Gratis

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tersisa satu lagi negeri di Kota Ambon yang belum terpasang internet gartis Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Rencananya warga negeri Hatalai Kecamatan Leitimur Selatan sudah bisa menikmati internet dengan koneksi stabil pada 2022.

Tersisa satu negeri itu disebabkan adanya pengalihan anggaran untuk penangaan covid-19.

“Tinggal Negeri Hatalai yang masih proses pembangunan jaringan internet. Naku, Kilang, Ema sudah,” papar Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan Kamis (9/9/2021).

Dia menjelaskan untuk pemasangan nanti tiap negeri punya kapasitas akses internet 7 Mbps (astinet 1:1 dedicated).

Menurut Joy, masing-masing negeri mendapat jatah 7 Mbps. Warga bisa mengaksesnya dengan mudah untuk berbagai keperluan.

Ini sebagai salah satu penunjang aktivitas warga kota yang didorong untyk cakap digital. Apalagi, lanjutnya saat ini berbagai urusan lebih banyak menggunakan akses internet dan dilakukan secara daring.

Untuk wilayah-wilayah yang jauh dari pusat kota dengan tipikal area bergunung atau berbukit memang cukup sulit terpapar jaringan yang baik. Sambil menunggu Hatalai, warga tiga negeri sudah bisa menggunakan internet dengan stabil melalui kantor desa negeri.

“3 Negeri sudah kita pasang wifi gratis di Naku, Kilang, Ema itu mereka menggunakan wifi gratis di kantor desa dan negeri,” lanjut dia. (PRISKA BIRAHY)