Terus Berjalan, Hampir Separuh Warga Ambon Sudah Divaksin

by
Ribuan warga Kota Ambon antri untuk divaksinasi Covid-19 di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (26/6/2021). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy menyatakan, capaian vaksinasi COVID-19 di Ambon mencapai 46,5 persen.

“Data Dinkes total warga kota Ambon yang telah divaksin¬†sebanyak 127.483 orang atau 46,5 persen dari sasaran kurang lebih 320 ribu orang, ” katanya, di Ambon, Rabu (11/8/2021).

Tahapan vaksinasi saat ini dilakukan untuk anak usia 12-17 tahun yang telah divaksin sebanyak 409 orang.

Pelaksanaan vaksinasi anak telah dilaksanakan di Puskesmas sejak 2 Agustus 2021, dan hingga saat ini telah melayani 409 anak.

Vaksinasi anak, prosedurnya tidak berbeda terhadap orang dewasa. Anak yang divaksin harus dalam keadaan sehat dan wajib didampingi oleh orang tua.

“Jenis Vaksin yang digunakan bagi anak sama dengan orang dewasa, yakni Sinovac,” ujarnya.

Wendy mengatakan, vaksinasi anak bertujuan melindungi dari paparan COVID-19, karena anak-anak rentan terpapar virus tersebut.  Selain itu, upaya ini demi membantu mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

orang tua agar membawa anak-anak mereka ikut vaksinasi tanpa perlu khawatir terhadap efek samping yang ditimbulkan setelah divaksin.

“Pemerintah sudah memastikan bahwa vaksin untuk anak aman dan sehat,” tandasnya.

Ia mengemukakan, capaian vaksinasi tidak lepas dari peranan perangkat Desa, Negeri, maupun Kelurahan, bahkan RT/RW sangat penting sebagai ujung tombak pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kita berharap perangkat desa dapat menggerakkan warga khusunya lansia yang merupakan kelompok rentan untuk menerima suntikan vaksin, sehingga capaian vaksinasi di Kota Ambon terus meningkat,” kata Wendy.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Alex Sariwating