Tial, Salah Satu Penghasil Buncis di Pulau Ambon

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Salah satu penghasil buncis kualitas terbaik nyatanya ada di Pulau Ambon.

Lokasinya di Desa Tial Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Ada sekitar 12 hektar lahan tadah hujan yang dijadikan kebun buncis.

Salah satu hamparan lahan sayur buncis di Muril Dusun Oang, Tial, Kabupaten Maluku Tengah

Seperti di musim ini, buncis tumbuh subur. Petani kerap memanen buncis tiap dua hari sekali.

Lokasi tanamnya ada di Muril, Dusun Oang, Tial. Awat, 23, petani buncis mengaku mereka menjadi salah satu pemasok buncis di Pasar Batumerah.

Saat ini merupakan musim panen terbaik. Curah hujan yang tepat makin menyuburkan tanaman buncis.

“Kalau sekarang ni katong panen. Dua hari sekali panen lalu bawa ke pasar,” ujar Awat saat sedang panen pada Sabtu pagi.

Area tanam mereka berada di atas gubung. Dengan karakteristik lahan berbatu karang dan tanah. Dalam satu musim tanam, petani biasanya mampu memanen 10 hingga 14 kali.

“Satu kali panen bisa sampai 10 karung besar. ada yang lebih lagi. Apalagi musim hujan bagini, banyak. Harga buncis ada turun juga,” kata Awat.

Okky Latuconsina, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) menjelaskan area tanam di Muril memang jadi salah satu pengahasl buncis terbaik. Kualitasnya bagus.

Dulunya petani di Muril bertanam kacang panjang. namun dalam lima tahun terkahir mereka beralih jadi petani buncis.

“Salah satunya itu tidak ribet. Hasilnya bagus dan dapat lebih banyak,” terang Okky, yang juga menjadi penyuluh di Dusun Oang, wilayah kerja BPP Salahutu.

Pendapatan bersih dalam satu karung buncis bisa berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta bergantung dari harga jual buncis di pasar.

Okky meyakini kualitas dan hasil panen dari Muril adalah salah satu yang terbaik. (PRISKA BIRAHY)