Tiba di Ambon, Rombongan Pengungsi Wamena Disambut Danlanud Pattimura Dan Pejabat Pemprov

by
Rombongan pengungsi dari Wamena tiba di Lanud Pattimura Ambon, Rabu (2/10/2019). Mereka akan bermalam di Lanud Pattimura sebelum diterbangkan ke daerah asalnya. FOTO : PENERANGAN LANUD PATTIMURA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 81 pengungsi Wamena Kabupaten Jayawijaya tiba di Pangkalan TNI AU (Lanud) Pattimura Ambon, Rabu (2/10/2019). Mereka memilih meninggalkan Wamena menyusulnya kerusuhan di wilayah itu Para pengungsi itu diangkut dengan Pesawat C 130 Hercules A-1320 milik Skadron 31 Lanud Halim Perdhana Kusuma.

Komandan Pangkalan TNI AU Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos., M.M. menyambut kedatangan rombongan pengungsi dari Wamena di Base Ops Lanud Pattimura, Ambon, Tabu (2/10/2019).

Dari 81 pengungsi yang tiba itu, 50 orang pengungsi yang berasal dari Minang, 17 orang pengungsi dari Makassar, dan 13 orang pengungsi berasal dari Jawa Tengah. Pengungsi ini akan bermalam di Lanud Pattimura sebelum diterbangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Komandan Pangkalan TNI AU Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pining, Kepala Dinas Kesehatan Maluku, Meykal Pontoh menyambut kedatangan Pesawat C 130 Hercules A-1320 milik Skadron 31 Lanud Halim Perdhana Kusuma yang diawaki oleh Capt. Pilot Kapten Pnb Galang M.C.

Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan mengatakan sebelum kembali ke daerah asalnya, 81 orang pengungsi ini akan bermalam di Gedung Luhukay Lanud Pattimura dengan difasilitasi tempat tidur sederhana, makanan, obat-obatan serta vitamin. “Sebelum diterbangkan ke daerah asalnya, para pengungsi bermalam di tempat kami dulu, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Udara dalam membantu memfasilitasi warga masyarakat yang akan kembali ke daerah asalnya untuk mencari tempat yang nyaman dan aman saat ini,” kata Sapuan dalam siaran Penerangan Lanud Pattimura.

Pesawat Hercules yang bermalam di Lanud Pattimura ini, esok hari akan melanjutkan misi penerbangan mengantar rombongan pengungsi dengan tujuan akhir di Halim Perdhana Kusuma Jakarta. (ALFIAN)