Tiga Cara Deteksi Kanker Payudara

by
Sumber: Dok. AHCC

TERASMALUKU,Surabaya, – Perempuan punya peluang alami kanker payudara. Tapi alangkah baiknya mencegahnya dengan pemeriksaan dini. Tidak perlu dengan alat canggih, perempuan bisa lakukan tiga cara ini untuk memastikan payudara kalian aman.

Dokter Dyah Erawati Sp. Rad (K) Onk. Rad dari Adi Husada Cancer Center (AHCC), menyatakan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker payudara.

Pertama, periksa payudara sendiri (Sadari). Pemeriksaan ini dapat dilakukan di rumah dengan meraba payudara secara memutar dengan menggunakan tiga jari.

“Pemeriksaan ini dapat dilakukan setiap bulan, setalah menstruasi pada wanita usia 20 ke atas,” ujar Dyah Erawati dalam acara seminar ‘Deteksi Dini Kanker Payudara. Pastikan tidak ada benjolan atau terasa ada yang ganjil dari bentuk payudara.

Selanjutnya, periksa payudara ke dokter tiap tiga tahun sekali pada wanita usia 20-30 tahun. “Pemeriksaan setiap tahun pada wanita berusia lebih dari 40 tahun,” lanjutnya.

loading...

Ketiga, yakni dengan pemeriksaan mamografi bagi wanita usia di atas 40 tahun. Mamografi adalah pemeriksaan payudara menggunakan sinar X-ray dosis rendah.

“Wanita dengan resiko tinggi seperti faktor genetik dan faktor kanker payudara sebelumnya harus lebih sering menjalani screening untuk mendeteksi dini munculnya kanker,” pesan Dyah Erawati.

Semakin dini kanker diketahui semakin cepat proses penyembuhannya. Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi AHCC. (ADVETORIAL)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *